Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara ke Pameran Repatriasi di Galnas Naik KRL dan Transjakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa benda bersejarah milik Indonesia yang ada di Belanda sudah dipulangkan ke Tanah Air. Benda-benda tersebut bisa dilihat di pameran "Repatriasi: Kembalinya Saksi Bisu Peradaban Nusantara" di Gedung A Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat.

Berlangsung hingga Minggu (10/12/2023), pameran ini memajang sekitar 152 benda bersejarah, di antaranya Arca Singasari, koleksi Pangeran Diponegoro, Keris Klungkung, serta Pusaka Kerajaan Lombok.

Pameran ini terbuka gratis untuk umum mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB, namun calon pengunjung wajib melakukan registrasi daring terlebih dahulu.

Untuk diketahui, Galeri Nasional Indonesia beralamat Jalan Medan Merdeka Timur Nomor 14, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Jika hendak ke lokasi, calon pengunjung bisa menumpangi transportasi umum KRL Commuter Line dan Transjakarta. Simak panduannya:

Stasiun KRL terdekat dari lokasi pameran Repatriasi yaitu Stasiun Gondangdia. Jarak kedua lokasi ini sekitar 1,7 kilometer.

Calon pengunjung yang naik KRL dari arah Nambo, Depok, dan Bogor, bisa naik KRL tujuan Jakarta Kota, lalu turun di Stasiun Gondangdia.

Sebaliknya, calon pengunjung yang datang dari arah Jakarta Kota bisa naik KRL tujuan Stasiun Bogor ataupun Stasiun Manggarai, kemudian turun di Stasiun Gondangdia.

Sementara itu, calon pengunjung yang datang dari arah Cikarang, Bekasi, dan Jatinegara, bisa naik KRL tujuan Stasiun Manggarai. Setelah itu transit naik KRL tujuan Jakarta Kota, lalu turun di Stasiun Gondangdia.

Calon pengunjung yang datang dari arah Tangerang Selatan dan Rangkasbitung bisa naik KRL ke Stasiun Tanah Abang dahulu.

Di Stasiun Tanah Abang, transit ke peron 2 atau 3, kemudian naik KRL tujuan Stasiun Manggarai. Di Stasiun Manggarai, transit kembali naik KRL tujuan Jakarta Kota lalu turun di Stasiun Gondangdia.

Sampai di Stasiun Gondangdia, perjalanan ke lokasi Pameran Repatriasi bisa dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 15 menit, atau naik ojek online (daring) sekitar lima menit.

Halte bus Transjakarta terdekat dari lokasi pameran Repatriasi yaitu Halte Stasiun Gambir 2.

Adapun bus Transjakarta yang melayani penumpang di halte ini yaitu Transjakarta koridor 6 (Lebak Bulus-Senen) dan koridor 1P (Blok M-Senen).

Berangkat dari Lebak Bulus, Transjakarta koridor 6 nantinya akan melayani penumpang di beberapa halte yaitu Selapa Polri, Pondok Pinang, RA Kartini, Gelanggang TB Simatupang, Cilandak, Ampera 1, SMK 57, Jati Padang, Pejaten, Buncit Indah, Warung Jati, dan Imigrasi.

Kemudian lanjut ke Halte Duren Tiga, Mampang Prapatan, Kuningan Timur, Patra Kuningan, Departemen Kesehatan, GOR Sumantri, Karet Kuningan, Kuningan Madya Aini, Setiabudi Utara, Menteng 1, SDN Gondangdia 01, Theresia, Sbr. Goethe Institute, Cut Meutia, Masjid Cut Meutia 1, BRI Menteng, Kanisius, Telkom Grapari, Stasiun Gambir 1, dan tiba di Stasiun Gambir 2.

Sebaliknya, jika berangkat dari Terminal Senen, Transjakarta koridor 6 akan melayani penumpang di Halte Gg. Buaya Senen, Sekolah Penabur Gunung Sahari, Lapangan Banteng 3, Istiqlal 1, dan tiba di Stasiun Gambir 2.

Sementara itu, Transjakarta koridor 1P yang berangkat dari arah Blok M nantinya akan singgah di Halte Kementerian PUPR, Taman Mataram, Bundaran Senayan 2, FX Sudirman, Gelora Bung Karno 2, GBK Pintu 7, Benhil 3, Karet Sudirman 2, Karet Sudirman 3, Grand Sahid, Menara Astra, Dukuh Atas 4, Stasiun Sudirman 2, Tosari 2, Plaza Indonesia, dan MH Thamrin 2.

Kemudian lanjut menuju Halte MH Thamrin, Bank Indonesia 2. Kementerian Pariwisata, Museum Nasional, Monas 2, Monas 3, IRTI, Gambir 3, dan tiba di Stasiun Gambir 2.

Sebaliknya, jika berangkat dari Terminal Senen, Transjakarta koridor 1P akan singgah di Halte Gg. Buaya Senen, Wahidin 1, OJK Wahidin, Lapangan Banteng 2, Lapangan Banteng 1, Kantor Pos Lapangan Banteng, Pasar Baru Gedung Kesenian Jakarta, Istiqlal 1, dan tiba di Stasiun Gambir 2.

Halte Stasiun Gambir 2 berada sekitar 350 meter dari pintu masuk Galeri Nasional Indonesia, calon pengunjung bisa jalan kaki sekitar lima menit menuju lokasi pameran.

https://travel.kompas.com/read/2023/12/02/083704427/cara-ke-pameran-repatriasi-di-galnas-naik-krl-dan-transjakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke