Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Rayakan Imlek di Hong Kong, Santap Dried Seafood

KOMPAS.com - Hong Kong merupakan salah satu kota di Asia yang nuansa Imleknya cukup kental. Bagaimana tidak, jelang Imlek, kota ini akan dimeriahkan dengan beragam acara, salah satunya festival budaya.

Selain itu, tempat-tempat seperti pasar bunga dan spot keramaian kota akan diisi dengan berbagai pertunjukan baik saat siang maupun malam hari.

  • 15 Pantangan Imlek yang Dipercaya Bawa Nasib Buruk, Pakai Baju Hitam
  • 9 Tradisi Imlek yang Dipercaya Bawa Hoki, Salah Satunya Beli Baju Baru

Bila berkesempatan liburan di Hong Kong saat Imlek, kamu perlu merasakan bagaimana cara merayakannya seperti warga lokal. 

Cara merayakan Imlek di Hong Kong

1. Santap puding Imlek

Dikutip dari keterangan resmi Hong Kong Tourism Board (HKTB), salah satu hidangan yang paling popular disajikan saat Tahun Baru Imlek di Hong Kong yaitu puding Imlek.

Puding ini rasanya manis dan gurih, melambangkan kemakmuran dan pencapaian yang lebih baik pada tahun yang baru.

Biasanya, puding dibuat sebelum Tahun Baru Imlek, dan dihidangkan saat berkunjung ke rumah teman ataupun kerabat.

Sajian dried seafood (olahan tangkapan laut kering) selalu menjadi bahan utama untuk membuat menu Tahun Baru Imlek. Alasannya, penduduk setempat percaya bahwa awal tahun baru menentukan nasib mereka untuk tahun yang akan datang.

Maka dari itu, bagi mereka penting untuk menikmati hidangan yang dibuat dengan bahan-bahan mewah, seperti dried seafood, pada hari pertama Imlek.

Wisatawan yang hendak mencari dried seafood bisa datang ke area Des Voeux di Sheung Wan, lokasinya berada di antara Queen Street dan Centre Street. 

Tempat tersebut dikenal sebagai "Dried Seafood Street", yaitu salah satu pusat hidangan dried seafood terbesar di dunia. 

Ada banyak dried seafood yang bisa ditemui, seperti ikan maw yang melambangkan kemakmuran, ada pula abalon kering yang melambangkan kekayaan.

Poon Choi Feast dikenal juga dengan "hidangan baskom". Di dalam baskom terdapat aneka hidangan, yang disiram dengan kuah. 

Penduduk setempat percaya, menyantap makanan yang membawa keberuntungan ini dapat mendatangkan energi positif ke dalam hidup.

Wisatawan yang berkunjung ke Hong Kong dan ingin ikut serta dalam pesta Poon Choi, bisa ikut tur ke salah satu desa, seperti ke Yuen Long atau Sha Tau Kok.

https://travel.kompas.com/read/2024/02/06/133400727/3-cara-rayakan-imlek-di-hong-kong-santap-dried-seafood

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke