Pendaki Indonesia Akan Taklukkan 7 Gunung Tertinggi di Dunia - Kompas.com

Pendaki Indonesia Akan Taklukkan 7 Gunung Tertinggi di Dunia

Kompas.com - 12/03/2008, 17:09 WIB

JAKARTA, RABU - Franky Kowaas (46) akan menjadi pendaki utama dari Federasi Mountaineering Indonesia (FMI) yang akan mencoba menaklukkan tujuh gunung tertinggi di sejumlah benua. Ketujuh puncak tersebut adalah Mount Everest (Nepal), Mount Aconcagua (Argentina), McKinley/Denali (Alaska), Mount Kilimanjaro (Tanzania), Mount Elbrus (Rusia), Vinson Massif (Ellsworth Range), dan Carstensz Pyramid (Papua, Indonesia).

Bekerja sama dengan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, FMI mengadakan program pendakian tujuh puncak tertinggi di tujuh benua guna mencatatkan prestasi Indonesia sebagai salah satu negara di didunia yang memiliki seven summiteers (pendaki gunung yang telah mendaki tujuh puncak tertinggi di tujuh benua).

Dalam sambutannya saat peluncuran program tersebut, Ketua Pelaksana program Jody Alexander Tirie, mengatakan, program ini bertujuan membangkitkan motivasi dan kebanggaan nasional. Selain itu kegiatan pendakian yang dinamakan 'Ekspedisi Indonesia Mendaki Tujuh Puncak Tertinggi di Tujuh Benua' ini merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program Departemen Kebudayaan dan Pariwisata untuk mempromosikan Visit Indonesia 2008 ke tujuh benua.

"Mudah-mudahan Frengky bisa menancapkan bendera Indonesia pada tujuh gunung tertinggi di tujuh benua," kata Jody di Balairung, Gedung Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Rabu (12/3).

Jody menjelaskan, di kalangan pendaki gunung dunia, pencapaian tujuh puncak (seven summit) merupakan prestasi dan juga impian. Pengakuan profesionalisme bidang mountaineering atau mendaki gunung diukur dari pencapaian pendaki terhadap tujuh puncak tersebut. Sejak dicetuskan 1976, hingga saat ini baru 108 pendaki yang melakukan seven summit. Dilihat dari asal negaranya, totalnya berasal dari 33 negara di seluruh dunia. Enam di antaranya adalah negara Asia yakni Jepang, China, Korea Selatan, Singapura, Kuwait, dan India.

Sebagai pendaki utama, Franky harus menyelesaikan pendakian secara penuh ke tujuh puncak. Pria asal Manado tersebut akan didampingi satu pendaki pendamping yang akan disertakan pada masing-masing pendakian. Tiga orang lainnya hanya sampai di kaki gunung sebagai tim base camp guna mengawasi pendakian. Rencananya ekspedisi tersebut akan dimulai akhir Maret 2008 hingga September 2009. Total waktu ekspedisi  yang dibutuhkan untuk pendakian ke tujuh gunung tersebut yakni 219 hari. Gunung pertama yang akan coba ditaklukan Franky yakni Gunung Kilimanjaro.


Editor

Close Ads X