Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Antraks, Petugas Vaksin Sapi dan Domba

Kompas.com - 27/04/2009, 16:36 WIB

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah petugas Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, memvaksinasi ratusan sapi dan domba di Desa Cijaya, Cimahi, dan Cikumpay, Kecamatan Campaka, Senin (27/4). Vaksinasi itu merupakan kegiatan rutin yang digelar untuk mengantisipasi serangan virus antraks.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta, Sri Wuryasturati mengatakan, vaksin akan diberikan ke sapi dan domba yang dipelihara oleh warga terutama sekitar Desa Ciparungsari, Kecamatan Cibatu. Pada akhir tahun 1999, ratusan burung unta mati di desa itu akibat serangan antraks.

Ia menambahkan, meski belum ada serangan antraks setelah tahun 1999, upaya antisipasi terus dilakukan. Selain vaksinasi rutin setahun dua kali, petugas juga petugas juga menelusuri dan meneliti sampel tanah dan darah hewan di sekitar lokasi serangan antraks.

Pengujian dan penelitian sampel tanah dan darah sapi, kambing, maupun domba dilakukan di Balai Besar Veteriner Wates Yogyakarta dan Balai Penyelidikan Penyakit Hewan dan Kesmavet Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com