Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daripada ke Mal ke Batavia Art Jakarta, Yuk...

Kompas.com - 21/06/2009, 11:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ada alternatif liburan di Jakarta pada hari Minggu (21/6) ini. Kalau bosan ke mal, silakan kunjungi Batavia Art Festival 2009 (BAF) di Taman Fatahillah Museum Sejarah Jakarta.

"Kami tetap yakin, museum semakin dicintai. Ada pergeseran, keluarga mulai mengajak anak-anaknya ke museum daripada ke mal," kata Kepala Museum Sejarah Jakarta Rafael Nadapdap saat ditemui di arena BAF.

Menurut Rafael, jumlah pengunjung di Meseum Sejarah pada hari Sabtu dan Minggu berkisar pada 2.000 hingga 2.500 orang. Jumlah itu melonjak menjadi 4.000 sampai 5.000 pengunjung jika di tempat tersebut ada acara seperti BAF ini. "Saya melihat orang datang ke museum sebagai sebuah kebutuhan," ungkap Rafael.

Terkait dengan hal tersebut, maka menurut Rafael BAF ini diselenggarakan supaya masyarakat bisa semakin mencintai Jakarta melalui kegiatan yang mencerminkan Batavia tempo dulu. "Dan tentunya, supaya masyarakat lebih mencintai museum sehingga terbiasa datang ke sini," tuturnya.

Biasanya, BAF yang pendanaannya didapat dari APBD ini diselenggarakan dua kali setahun. Namun, pada penyelenggaraan ke-13 ini hanya dilakukan satu kali ini saja. "Kami mau gabungkan dengan Ultah Jakarta ke-482," ungkap Rafael.

BAF hanya diselenggarakan hari ini, mulai pukul 10.00-23.00. Di arena Taman Fatahillah, para pengunjung bisa menghampiri 74 stan yang terdiri dari Stand Kampung Museum, Kampung Seniman, Kampung Komunitas, Kampung, Pengerajin, Kampung Jajanan Betawi.

Selain itu, acara ini juga dimeriahkan oleh beragam komunitas, seperti komunitas Honda 70-an, Vespa, mobil kuno, dan arena bermain anak. Ada beberapa kalangan yang menyayangkan kenapa acara ini hanya berlangsung sehari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com