Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Seru untuk Lebaran

Kompas.com - 19/09/2009, 08:31 WIB

KOMPAS.com — Pernah terbayang pertarungan antara jagoan X-Men, si cantik Putri Salju, dan buaya? Pertarungan itu benar-benar terjadi, tetapi hanya sebatas tema. Tiga taman rekreasi bertarung membawa tema menarik untuk menyediakan yang terbaik bagi warga Jakarta dalam mengisi liburan Idul Fitri tahun ini.

Liburan memang waktu untuk menikmati sesuatu yang berbeda dari hari-hari biasa. Bagi warga Jakarta yang tidak mudik ke kampung halaman, berlibur ke taman-taman rekreasi tentu menjadi pilihan setelah saling bermaaf-maafan dengan kerabat dan handai tolan di rumah.

Taman Impian Jaya Ancol, Taman Wisata Mekarsari, dan Taman Safari Indonesia akan menggelar acara-acara terbaik yang mereka miliki. Dengan begitu, mereka akan menjadi pilihan bagi para ratusan ribu orang yang ingin mengisi liburan dengan hal-hal yang spektakuler.

Persiapan menyambut para wisatawan itu sudah dilakukan sebulan terakhir. Ancol, yang memang mengalami penurunan jumlah pengunjung pada bulan puasa, memanfaatkan situasi ini untuk melakukan perbaikan dan perawatan bagi sejumlah wahana dan fasilitas. Mekarsari sudah memperbaiki fasilitas umum, paket-paket wisata, dan kebun buah yang akan diserbu pengunjung.

Sementara itu, Taman Safari sibuk menciptakan Safari Water Park yang bernuansa hutan hujan tropis Amazon. Safari menciptakan lima kolam baru dengan memanfaatkan panorama hutan asli Gunung Pangrango. Jika langit cerah, pengunjung bisa berenang sambil menikmati puncak gunung tersebut.

Yang menarik, di kolam baru itu, para pengunjung juga bisa berenang ”bersama” buaya. Kolam pengunjung dibuat bersebelahan dengan kolam buaya dan kolam berang-berang, seolah-olah pengunjung bisa berenang bersama hewan-hewan itu. Apalagi pembatasnya adalah kaca akrilik setebal 1,5 cm yang tembus pandang sehingga pengunjung, sambil menikmati buaian aliran air, bisa mengamati aktivitas buaya, berang-berang, dan berbagai jenis ikan dalam akuarium.

Untuk bisa dekat mengamati satwa tersebut, pengunjung harus menyewa perahu karet bundar dengan sewa Rp 50.000 per dua jam. Dengan perahu itu, satu keluarga inti dapat nyaman terayun-ayun mengikuti lintasan aliran kolam yang diberi nama Lazy River ini.

Bagi yang hanya ingin beristirahat sambil menikmati alam pegunungan, mereka bisa menyewa saung dengan harga Rp 50.000 per tiga jam. Tempat ini cukup nyaman untuk bersama keluarga menikmati bekal makanan dari rumah atau istirahat tidur-tiduran setelah lelah berenang.

Oh iya, untuk menikmati wahana anyar ini, setiap pengunjung harus membeli karcis masuk Rp 25.000, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Selain tersedia kolam untuk berenang atau bermain air, tersedia juga permainan menunggangi hewan-hewan mainan yang digerakkan mesin, dengan lebih dahulu memasukkan koin ke kotak tersedia.

Pahlawan favorit

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com