Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunitas Onthel Batavia Menggowes Jakarta

Kompas.com - 13/12/2009, 14:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kalau sudah hari Minggu begini, pengguna sepeda di Jakarta pasti lebih banyak daripada hari biasanya. Apalagi, sekitar 80 sepeda dari Komunitas Onthel Batavia (Koba) hari ini tur keliling Jakarta.

Mereka memulai perjalanannya dari Monas ke Jalan Thamrin, Bundaran HI, Jalan Sudirman, berlanjut ke Senayan, lalu ke daerah Menteng dan kembali lagi ke Monas. Perjalanan mereka kurang lebih memakan waktu satu setengah jam.

Pawai sepeda yang dibuka oleh Sri Hartati Fauzi Bowo, istri dari Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, adalah satu rangkaian acara yang memeriahkan acara Festival Monas yang diadakan di Monas, Minggu (13/12/2009).

Komunitas yang telah berdiri sejak 17 Agustus 2005 tersebut saat ini memiliki anggota aktif dengan jumlah 500 orang. Ditanya apakah sehari-hari mereka menggunakan sepeda onthel untuk berkegiatan, mereka menjawab, "Iya sehari-hari kami pake onthel juga," ujar Andi, salah satu pengurus Koba.

Koba hari ini tampak bersemangat, lengkap dengan pakaian khas betawi dan Bendera Merah Putih yang menghiasi onthel mereka. Walaupun "betawi", mereka tak selalu hanya menggunakan pakaian khas betawi. "Kami pernah pakai koteka juga," seloroh Andi.

Setiap Minggu pagi komunitas sepeda onthel tersebut berkumpul di Bundaran HI. "Minggu depan kami gowes lagi ke Lampung," kata Andi.

Pria berambut uban lebat tersebut juga mengatakan bahwa setidaknya Koba mempunyai tiga acara dalam satu bulannya. Anggota Koba tidak hanya berasal dari Jakarta, tetapi juga daerah-daerah lain. "Wah... anggota kami bermacam-macam," tandasnya.

Penggunaan sepeda kian marak di kota-kota besar di Indonesia, seiring menggemanya isu pemanasan global. Ingin bergabung dengan Koba?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com