Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Produksi di Taiwan

Kompas.com - 07/07/2010, 14:05 WIB

TAIWAN, KOMPAS.com - Selain India dan China, kawasan ASEAN lagi dibidik prinsipal otomotif dunia. Volkswagen AG (VW) memiliki strategi unik untuk menggapai pasar ASEAN dan China. Pabrikan mobil Jerman itu memproduksi kendaraannya di Taiwan karena letak yang geografis dan meningkatkan daya saing.

Tangan kanan VW di Taiwan menyatakan pembangunan pabrik - katanya akan dilaksanakan pada musim gugur - tengah dirumuskan, seperti dilansir autoevolutin, kemarin. Kabar yang berkembang, VW juga punya opsi menggandeng mitra lokal Taiwan, China Motor Company (CMC).

VW menyatakan, pihaknya kin tengah menghitung standar bisnis dan komitmen investasi global. Terkait ini, Taiwan menjadi salah satu negara yang potensial ditunjuk. Dana investasi yang akan ditanamkan 31 juta sampai 156 juta dollar Amerika dengan kemampuan produksi 100.000 unit per tahun.

Di sisi lain, konon pihak CMC belum mencapai kata sepakat dengan VW. Pasalnya, beberapa waktu lalu terlihat beberapa pegawai VW datang berkunjung ke pabrik CMC. Tapi, kunjungan itu ditampik sebagai indikasi investasi melainkan cuma kunjungan biasa.

Untuk memuluskan rencana ini, VW akan merangkul pihak Pemerintah Taiwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com