Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikmatnya Durian Kopi Luwak Khas Lampung

Kompas.com - 29/09/2010, 00:03 WIB

LIWA, KOMPAS.com - Durian Kopi Luwak menjadi minuman khas dan sangat digemari masyarakat Lampung Barat, Provinsi Lampung.

"Minuman tersebut selain nikmat juga mampu menghangatkan badan serta berkhasiat," kata masyarakat, Pekon (Desa) Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Lampung Barat, Junaidi Tamrin (45) sekitar 278 Km dari Bandarlampung, di Kubu Perahu, Selasa (28/9/2010).

Dia menjelaskan, kopi dalam minuman ini memiliki cita rasa tinggi, selain itu durian yang memiliki rasa yang khas mampu memberikan rasa yang beda pada minuman tersebut.

Menurut dia, minuman durian kopi luwak menjadi minuman musiman. "Soalnya minuman durian kopi luwak dapat dijumpai saat musim durian seperti saat ini, sedangkan di hari biasa minuman ini jarang ditemui," katanyai.

"Durian kopi luwak dapat menghangatkan tubuh di malam hari, selain itu manfaat dari minuman ini dapat membangkitkan stamina," terangnya.

Hal serupa dikatakan Nurhadi, warga Kota Liwa, Kecamatan Balik Bukit, Lampung Barat. Minuman durian kopi luwak menjadi minuman wajib saat musim durian.

Musim durian di beberapa wilayah di Sumatera dirasakan pula oleh masyarakat Lampung Barat, terlihat dengan menjamurnya pedagang durian di pasar maupun di area kota.

Membuat minuman durian kopi luwak tergolong mudah, hanya menyiapkan kopi luwak dan beberapa biji durian, setelah itu dicampur dengan gula, kemudian diaduk. Semakin kental minuman tersebut, rasanya pun semakin nikmat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com