Pelataran Candi Borobudur Mulai Dibuka

Kompas.com - 21/11/2010, 15:12 WIB
EditorBenny N Joewono

MAGELANG, KOMPAS.com — Para wisatawan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mulai Minggu bisa masuk hingga ke pelataran candi warisan budaya dunia tersebut.

"Kalau sebelumnya wisatawan hanya bisa menyaksikan Candi Borobudur dari taman atau zona II, mulai hari ini bisa naik ke zona I atau di pelataran candi," kata Wakil Kepala Taman Candi Borobudur Puji Santoso di Magelang, Minggu (21/11/2010).

Saat ini proses pembersihan candi dari abu vulkanik Gunung Merapi masih berlangsung sehingga pengunjung hanya diperbolehkan naik hingga pelataran candi.

"Pembukaan zona I tersebut atas permintaan dari wisatawan karena kalau hanya melihat dari bawah atau taman, mereka tidak puas, maka hari ini pengunjung boleh naik meskipun hanya sampai pelataran candi," katanya.

Pembersihan abu vulkanik yang menempel di batu candi hingga sekarang baru mencapai sekitar 10 persen. Untuk bisa selesai keseluruhan candi masih membutuhkan waktu sekitar tiga hingga empat minggu.

Taman Wisata Candi Borobudur pada 5-15 November 2010 ditutup total dari kunjungan wisatawan.

Kemudian pada tanggal 16-20 November 2010 candi dibuka untuk umum, tetapi pengunjung hanya bisa menyaksikannya dari taman.

"Mulai hari ini pengunjung bisa melihat candi dari pelataran. Mudah-mudahan proses pembersihan cepat selesai sehingga pengunjung bisa melihat langsung hingga lantai paling atas," katanya.

Ia mengatakan, selama Taman Wisata Candi Borobudur dibuka untuk zona II, pengunjung tetap ada, tetapi jumlahnya relatif kecil, di bawah 200 wisatawan per hari.

Pengunjung dikenai tiket masuk seperti hari-hari biasa, yakni Senin-Jumat Rp 20.000 per orang dan hari Sabtu-Minggu Rp 23.000 per orang, sedangkan untuk wisatawan mancanegara 12 dollar AS per orang dan pelajar Rp 10.000 per orang.

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.