AirAsia Buka Jalur ke Hongkong dan Bangkok

Kompas.com - 01/12/2010, 04:01 WIB

Medan, Kompas - AirAsia membuka dua penerbangan internasional dari Bandara Polonia Medan menuju Bandara Internasional Suvarnabhumi Bangkok dan Bandara Internasional Hongkong Chek Lap Kok. Penerbangan perdana ke Bangkok akan dilakukan pada 15 Januari 2011, sementara penerbangan perdana ke Hongkong pada 16 Januari 2011.

Presiden Direktur Indonesia AirAsia Dharmadi di Medan, Selasa (30/11), mengatakan, rute Medan-Bangkok telah dibuka sejak 24 November. Pesawat direncanakan terbang tiga kali dalam seminggu pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Adapun rute Medan-Hongkong akan beroperasi empat kali seminggu pada hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu.

”Sudah lama kami menunggu selesainya Bandara Kuala Namu. Kami memutuskan mulai saat ini untuk mengembangkan (pasar) Medan meskipun fasilitasnya terbatas,” tutur Dharmadi.

Kota Medan adalah kota bandara rumah kelima bagi AirAsia Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Bali yang membuka penerbangan internasional. AirAsia menjadi maskapai yang pertama membuka penerbangan dari Medan ke Hongkong. Setelah Medan, AirAsia berencana membuka bandara rumah baru di Makassar.

Dharmadi mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan AirAsia, banyak penumpang Medan yang pergi ke Bangkok dan Hongkong melalui Kuala Lumpur dan Singapura. Dengan dibukanya rute baru itu, penumpang bisa langsung mencapai Bangkok dan Hongkong tanpa transit. Apalagi warga Medan tidak memerlukan visa saat datang ke kota itu. Dari Hongkong penumpang bisa melanjutkan penerbangan ke Makau dan Shenzhen, dengan visa on arrival.

Penerbangan akan dilayani menggunakan salah satu pesawat Airbus A320 dari 14 pesawat Airbus yang dimiliki AirAsia.

”Masih ada empat pesawat jenis Boeing 737-300 yang kami miliki. Pesawat Boeing akan ditarik dan diganti dengan dua Airbus baru pada Februari tahun depan,” tutur Dharmadi.

Direktur Pemasaran AirAsia Indonesia Widijastoro Nugroho mengatakan, pihaknya optimistis penerbangan akan diminati, baik di Medan maupun di Hongkong dan Bangkok. (WSI)



Editor

Close Ads X