Asyiknya Wahana Pakecehan di Boyolali

Kompas.com - 03/01/2011, 06:04 WIB
Editoryuli

BOYOLALI, KOMPAS.COM - Memperkenalkan anak-anak sedini mungkin dengan air adalah tema sentral wahana di obyek wisata air Umbul Tlatar, Desa Kebonbimo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Hal itu seperti terlihat pada Minggu (2/1/2011) di wahana Pakecehan yang menyatu dengan arena kolam renang di wisata sumber air Tlatar, Dukuh Tlatar, sekitar 1 kilometer arah timur kota Boyolali.

Di arena ini, anak-anak mulai dari bawah lima tahun sampai kurang dari 12 tahun dapat bermain air di kolam yang luas dan tertata mirip sungai kecil berarus deras. Sebagai wisata air yang memiliki sumber mata air dari kawasan Pegunungan Merapi-Merbabu, air di Tlatar benar-benar mengalir terus selama 24 jam dan jernih.

Di wahana Pakecehan ini terdapat tiga sumber aliran air yang mengalir deras memasuki kolam wahana yang terdiri dari empat kolam. Kolam-kolam itu didesain seperti sungai alami dengan tatanan batu-batu yang dapat dinaiki atau dilewati anak-anak dengan mudah.

Dalam kejernihan air inilah anak-anak bisa menyaksikan aneka ikan, seperti ikan gurami, ikan nila, dan ikan emas, yang memang ditebar dan dipelihara. Namun, anak-anak pun bisa bebas menangkap ikan dan udang alami yang berkembang di kolam.

"Sulit menemukan sungai yang jernih ini di dataran rendah di wilayah mana pun di Jateng. Sungai yang mengalir jernih ini biasanya hanya terdapat di kawasan hutan dengan ketinggian yang sulit dijangkau orang awam. Tapi, di Tlatar, kita bisa mengajak anak-anak menyatu dengan alam," ujar Pitoyo, pengunjung asal Bandung, Jawa Barat, yang berkesempatan mengajak kedua anaknya ke wahana Pakecehan di Tlatar.

Kolam wahana Pakecehan ini juga dilengkapi saung-saung yang dibangun di tepian kolam. Di atas saung seperti restoran terapung itulah pengunjung bisa memesan dan makan aneka masakan ikan air tawar siap saji.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X