Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Indonesia Menggiurkan

Kompas.com - 25/05/2011, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pasar Indonesia memang menggiurkan bagi pariwisata negara-negara tetangga, seperti Hongkong, RRC. Tak heran, para pelaku pariwisata Hongkong gencar berpromosi di Indonesia. Salah satunya adalah Ocean Park Hong Kong.

"Kami lihat, pasar Indonesia terus meningkat. Hongkong Tourism Board mengatakan terdapat 28 persen peningkatan kunjungan dari Indonesia," tutur Executive Director Sales and Marketing Ocean Park Paulus saat jamuan makan siang Ocean Park bersama biro perjalanan wisata Indonesia di Jakarta, Selasa (24/5/2011).

Ocean Park adalah taman rekreasi yang bertemakan kehidupan laut. Obyek wisata ini salah satu andalan pariwisata Hongkong. Ocean Park merupakan pertunjukan berbayar nomor satu di Hongkong.

"Hongkong adalah destinasi wisata yang berbeda dengan Indonesia dan salah satu destinasi wisata yang terkenal di dunia. Kami memiliki wisata belanja yang disukai orang Indonesia," ungkap Paulus.

Walaupun Ocean Park sudah berumur 34 tahun, Paulus mengakui bahwa sebelumnya Ocean Park belum berpromosi di Indonesia.

"Kami berusaha berpromosi tahun ini di Indonesia. Indonesia memiliki 200 juta penduduk. Semakin banyak orang Indonesia yang pergi ke luar negeri. Apalagi fiskal sudah dihilangkan. Jadi, kami mengambil momen itu untuk berpromosi," katanya.

Ocean Park, lanjutnya, mengalami perkembangan yang cukup lama.

"Awalnya hanya taman yang kecil untuk satu juta pengunjung. Dulu 12 wahana, sampai sekarang ada 53 wahana. Rencananya total akan ada 70 wahana. Karena itu kami merupakan destinasi kelas dunia. Tidak semua taman di dunia yang secara ukuran bisa memuat banyak wahana dan pengunjung," ungkap Paulus.

Ocean Park memiliki luas 92 hektar dan dibangun di atas bukit yang menghadap ke Laut China Selatan. Taman rekreasi ini mampu mendatangkan 5 juta pengunjung per bulan. Hal ini menjadikan Ocean Park berada di urutan ke-14 taman tematik dengan jumlah pengunjung terbesar di dunia. Untuk memikat wisatawan Indonesia, Ocean Park memberikan promosi khusus.

"Promo ini khusus untuk pengunjung Indonesia yang menggunakan biro perjalanan wisata Indonesia," ungkap Paulus.

Promosi tersebut antara lain "beli satu gratis satu" untuk tur satwa di balik layar, "beli satu gratis satu" untuk produk ritel pilihan, dan gratis kombo makan anak untuk setiap pembelian dua makanan utama di Restoran Bayview dan Panda Cafe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com