Tips Wisata ke Nusa Lembongan

Kompas.com - 26/05/2011, 10:51 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Nusa Lembongan menjadi primadona wisatawan mancanegara dan domestik yang mendambakan keheningan dan keindahan alamnya yang eksotik. Sebelum traveling ke pulau kecil ini, simak tips berikut ini.

Sarana transportasi ke Nusa Lembongan sangat terbatas. Berwisata ke pulau kecil berada di seberang timur Selat Badung, Bali hanya bisa ditempuh dengan menggunakan sarana transportasi laut. Mengeksplorasi menikmati kawasan eksotik ini dilakukan dengan menyewa sepeda atau sepeda motor.

Berikut tips berwisata ke Nusa Lembongan:

1. Pemesanan tiket speed boat atau public boat (perahu dengan mesin tempel) bisa dilakukan melalui telepon atau datang langsung ke dermaga di Pantai Sanur, tepatnya di belakang Hotel Inna Grand Bali Beach.

2. Harga tiket speed boat untuk wisatawan domestik Sanur-Nusa Lembongan Rp 50 ribu per orang sedangkan wisatawan mancanegara Rp 75 ribu. Harga tiket public boat Rp 30 ribu per orang.

3. Pilih transportasi penyeberangan yang menggunakan speed boat masih baru, karena mempengaruhi laju speed boat di tengah laut.

4. Pilih speed boat yang menyediakan pelampung bagi penumpang, karena ada speed boat yang tidak menyediakan alat pengaman tersebut.

5. Jadwal keberangkatan dari Sanur ke Nusa Lembongan paling awal pukul 08.00 wita dan akhir 16.30 wita. Jadwal kedatangan dari Nusa Lembongan paling akhir pukul 15.30 wita.

6. Jika traveling sehari, setiba di Nusa Lembongan, langsung booking speed boat untuk jadwal terakhir ke Sanur. Jika terlambat, Anda tidak akan mendapatkan jadwal keberangkatan sehingga harus bermalam di pulau eksotik ini.

7. Penyewaan sepeda motor banyak terdapat di desa Jungut Batu, Nusa Lembongan. Pusat desa hanya berjarak 100 meter timur dermaga. Sewa motor Rp 50 ribu selama enam jam atau Rp 100 ribu per hari.

8. Sewa jukung menikmati wisata mangrove Rp 50 ribu per jukung untuk dua orang selama 30 menit.

9. Untuk menikmati keindahan terumbu karang dengan snorkeling, bisa menyewa peralatan dan jukung Rp 100 hingga Rp 200 ribu per orang tergantung hasil tawar menawar.

Selamat menikmati Nusa Lembongan!

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X