Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih dari 81.000 Kendaraan Keluar Tol Merak Per Hari

Kompas.com - 28/08/2011, 04:12 WIB

MERAK, KOMPAS.com - Kendaraan pribadi yang keluar dari pintu Tol Merak pada H-3 menjelang Idul Fitri 1432 H sehari mencapai 81.455 unit dan akan menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Dalam satu hari menjelang lebaran bisa lebih dari 80 ribu kendaraan yang keluar di pintu Tol Merak dan kemarin mencapai 81. 455 unit kendaraan," kata salah seorang petugas PT Marga Mandala Sakti (MMS) Rudi Dharmawan di Merak, Minggu (28/8/2011) dini hari.

Dia menjelaskan, puluhan ribu kendaraan yang keluar lewat Tol Merak, secara umum terjadi secara mendadak dan sporadis, sehingga pada Jumat malam sampai Sabtu kemarin sempat terjadi antrean dengan ekor berada di KM 96.

"Kemarin sempat terjadi antrean di Tol Merak dengan panjang dua kilometer. Dan antrean sudah terurai sejak Sabtu pagi pukul 09 : 00 WIB," katanya.

Pihaknya mengakui, adanya kemungkinan antrean yang terjadi lagi, karena sampai saat ini antrean truk masih terjadi di jalan layang Cikuasa Atas, Merak, dan telah mencapai satu kilometer dari bibir Tol Timur.

"Saat ini, jumlah kendaraan yang keluar dari Tol Merak dalam satu menit mencapai 25 unit, dari normlanya yang hanya 15 kendaraan saja," katanya menambahkan.

Terpisah, Kepala Gerbang Wilayah IV PT MMS Khaerul Fahmi menyatakan saat ini terjadi peningkatan jumlah kendaraan pribadi dari Tol Merak sebesar 50 sampai 70 persen.

"Sejak H-7 sampai sekarang peningkatan kendaraan yang keluar tol Merak sudah mencapai 70 persen. Dan itulah penyebab antrenya kendaraan di dalam tol yang terjadi kemarin, selama 12 jam," katanya menjelaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com