Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Naik Kapal Laut ala Backpacker

Kompas.com - 31/10/2011, 15:33 WIB
Valentine Widi Virdhani

Penulis

KOMPAS.com – Selain transportasi darat dan udara, bila Anda ingin berwisata ke pulau lain di Indonesia, kapal laut bisa menjadi pilihan Anda.

Contohnya bila Anda melakukan perjalanan dari pulau Jawa ke Kalimatan, Nusa Tenggara Timur, ataupun pulau-pulau lainnya. Anda dapat menggunakan kapal laut yang biaya perjalanannya jauh lebih murah dibandingkan pesawat udara.

Meskipun perjalanan memakan waktu yang lebih lama, Anda juga dapat menyiasati perjalanan laut Anda jadi lebih menyenangkan. Untuk kelas VIP, jelas Anda akan mendapatkan kenyamanan dengan mengeluarkan kocek lebih besar.

Nah bagaimana bila Anda memilih kelas ekonomi yang biasa menjadi pilihan para backpacker? Perhatikan tips berikut supaya perjalanan laut ala backpacker Anda menjadi lebih menyenangkan dan anti stres.

Bawa obat dan air mineral. Anda perlu membawa obat anti mabuk seperlunya, air mineral botol besar sebanyak lebih dari 3 botol karena Anda akan sangat dehidrasi di perjalanan, dan jangan menggunakan perhiasan yang dapat mengundang kejahatan.

Cari kenalan. Bila Anda berpergian sendirian, usahakan Anda mencari kenalan yang pergi secara rombongan atau lebih dari satu orang.

Hal ini berguna apabila sewaktu-waktu Anda ingin pergi meninggalkan barang sebentar untuk pergi ke toilet ataupun makan. Sehingga Anda dapat meminta bantuan untuk menitipkan barang bawaan Anda.

Namun bila Anda pergi beramai-ramai, tentunya Anda dapat mempermudah dalam menjaga barang bawaan satu sama lain.

Hati-hati copet. Pada saat naik ke atas kapal pastikan dompet Anda tidak diletakkan di saku belakang. Letakkan di tempat yang aman dari pencopet karena Anda akan berdesakan saat naik ke atas kapal.

Bawa alas tidur sendiri. Untuk jaga-jaga bawalah tikar atau alas tidur yang nyaman dan mudah dibawa seperti busa tidur atau bawalah sleeping bag.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com