Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Pasar Apung di Banjarmasin Digelar Lagi

Kompas.com - 08/11/2011, 12:20 WIB
Defri Werdiono

Penulis

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Banjarmasin memiliki obyek wisata unik yang telah terkenal luas, yakni Pasar Terapung atau Pasar Apung. Sayang, perlahan kondisi pasar itu kian sepi dibanding puluhan tahun silam. Pedagangnya juga banyak berkurang lantaran kalah dengan pasar di darat.

Tak ingin kehilangan akan potensi tersebut, pemerintah daerah bersama pihak terkait, kembali mengadakan Festival Budaya Pasar Terapung 2011 yang berlangsung 24-26 November mendatang. Lokasi pasar berada di Sungai Martapura, tepatnya di depan kantor Gubernur Kalimantan Selatan , di Jalan Sudirman.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kalsel Mohandas H Hendrawan, Selasa (8/11/2011) di Banjarmasin mengatakan, ada dua kelompok acara yanga akan dilaksanakan selama festival, yakni di sungai dan di darat. Untuk acara di sungai selain menampilkan jukung (perahu) pedagang yang untuk sementara kemungkinan diikuti sekitar 75 buah juga ada jukung hias yang diikuti sekitar 50 buah.

"Sedang untuk kegiatan di darat, antara lain ada kampung Banjar yang diikuti 13 kabupaten/kota di Kalsel. Mereka akan menampilkan makanan khas. Selain itu juga ada atraksi budaya," ucap Mohandas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com