Menuju Rinjani Menjadi "Geopark" Dunia

Kompas.com - 12/11/2011, 13:23 WIB
EditorJodhi Yudono

MATARAM, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat beserta empat pemerintah kabupaten di Pulau Lombok Tengah merampungkan berbagai persyaratan pengajuan usulan Taman Nasional Gunung Rinjani untuk ditetapkan menjadi taman bumi atau geopark dunia.

"Diupayakan rampung akhir tahun ini agar dapat diteruskan ke Komite Nasional Pengajuan Usulan Geopark, awal 2012 untuk ditindaklanjuti sesuai prosedur dan mekanisme pengusulan," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Rosiady Sayuti, di Mataram, Sabtu.

Ia mengatakan, sebelumnya usulan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) untuk ditetapkan menjadi salah satu geopark dunia, diajukan ke Sekretariat Global Geoparks Network (GGN) UNESCO oleh Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) melalui Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kembudpar).

Namun, usulan yang disampaikan awal 2010 tersebut terancam terpental dari calon geopark dunia karena dokumen teknis sebagai berkas pendukungnya belum lengkap.

UNESCO juga meminta dalam pengajuan usulan itu disertakan dua lokasi lainnya yang juga memungkinkan jadi geopark dunia, sebagai pendamping TNGR.

Para ahli geologi Indonesia kemudian terlibat membantu yang diawali dengan seminar geologi yang digelar di Bandung, Jawa Barat, 23 Juli 2010.

Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi pun membentuk Tim Rinjani untuk menghadiri seminar geologi itu sekaligus berupaya melengkapi persyaratan menjadi geopark dunia.

Rosyadi merupakan bagian dari Tim Rinjani itu, selain Kepala Distamben NTB Eko Bambang Sutedjo, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB Lalu Gita Aryadi, Kepala Dinas Kehutanan NTB Hartina dan ahli geologi NTB Heryadi Rahmat yang kini mengabdi di Kementerian ESDM.

Salah satu rekomendasi seminar geologi di Bandung itu adalah perlu dibentuk Komite Nasional Pengajuan Usulan Geopark yang melibatkan berbagai unsur terkait dan komite nasional itu akan memperjuangkan penetapan geopark dunia dan penetapan geopark nasional Indonesia.

Sejauh ini, ada tiga objek kawasan yang akan diperjuangkan menjadi geopark, yakni Gua Kapur di Pacitan, Jawa Timur, dan Gunung Batur di Kintamani, Bali, serta TNGR di Lombok.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.