Pedagang Keluhkan Sepinya Pembeli Pasar Terapung

Kompas.com - 24/11/2011, 21:10 WIB
EditorBenny N Joewono

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Kalangan pedagang di Pasar Terapung Sungai Barito Banjarmasin, mengeluhkan sepinya pembeli atau masyarakat yang belanja ke pasar tradisional yang menjadi ikon pariwisata provinsi Kalimantan Selatan tersebut.

Salah seorang pedagang pasar terapung Khatijah ditemui pada Festival Pasar Terapung di halaman Kantor Gubernur Kalsel, Kamis mengatakan, saat ini pembeli maupun pedagang di Pasar Terapung telah jauh berkurang.

Hal tersebut terjadi karena sebagian besar pedagang maupun pembeli memilih berjualan dan berbelanja di pasar modern yang kini banyak terbangun di Kota Banjarmasin.

"Saat ini pembangunan jalan darat mengalami kemajuan cukup pesat, sehingga banyak berdiri pasar-pasar tradisional dan modern di darat dengan akses jalan lebih mudah," katanya, Kamis (24/11/2011).

Dengan demikian, walapun harga sayuran maupun buah-buahan di pasar Terapung lebih murah, banyak pembeli yang memilih berbelanja di pasar daratan.

Kalaupun ada beberapa masyarakat yang masih membeli ke pasar terapung adalah tengkulak yang akan menjual kembali hasil sayuran maupun buah-buahan tersebut ke pasar.

Kondisi tersebut cukup meresahkan para pedagang pasar yang transaksi jual belinya di atas sungai tersebut, karena bila kondisi tersebut dibiarkan lama-kelamaan ikon wisata Kalsel tersebut akan punah.

"Kami berharap pemerintah bisa segera mencarikan cara agar pasar tradisional turun temurun tersebut tetap lestari," kata Khatijah.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan memborong dagangan pedagang pasar Terapung yang rata-rata berusia lanjut tersebut.

Seklitar 17 pedagang yang memarkir kelotoknya dipinggiran Sungai Martapura mendapatkan rizqi dari Wagub masing-masing Rp 100.000.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.