Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliner Kanton di Xin Hwa

Kompas.com - 15/12/2011, 12:10 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Saat masuk ke dalam restoran Xin Hwa, nuansa Chinese tak kental terasa. Walaupun beberapa hiasan khas Tionghoa tetap ditampilkan. Namun suasana ala fine dining dengan cahaya lampu temaram, sofa empuk, dan lampu gantung ala bistro Perancis malah mencuri perhatian.

Namun, saat membuka buka menu, barulah Anda menemukan hidangan khas Chinese. Ya, Xin Hwa merupakan restoran yang mengusung kuliner Chinese. Restoran ini terletak di Mandarin Oriental Jakarta ini.

Anda bisa memulai makan Anda dengan hidangan pembuka berupa Scallops Dumpling Soup with Bamboo Fungus and Bean Curd. Udang bertekstur lembut dan manis karena kesegarannya berpadu dengan kuah sup kaldu yang halus.

Menu Chilled Shrimp Asparagus and Fried Black Cod with XO Sauce, cocok sebagai menu starter. Udang kupas yang disajikan dingin. Tekstur udang yang lembut pas dimakan dengan asparagus yang renyah. Kemudian, bermain rasa yang agak berani dengan ikan cod yang diberi saus XO, saus bersensasi pedas khas dari dataran China.

Coba pula menu Pan Fried Lamb Chop with Pepper Sauce and Capsicum. Menu ini menampilkan daging domba yang dipanggang. Walaupun menggunakan saus berdasar lada hitam, namun tidak pedas menyengat khas lada. Apalagi daging domba begitu lembut, saat digigit mudah sekali putus dan lumer berpadu dengan saus lada hitam.

Sementara hidangan penutup, Anda bisa mencoba kesederhanaan Chilled Sago Mixed with Fresh Fruit. Butiran mutiara dari sagu berpadu dengan potongan buah segar seperti mangga, stroberi, dan kiwi. Paduan menyegarkan antara manis dan asam.

Di belakang layar, Chef Chan Yiu So menyiapkan aneka menu tersebut. Ia sendiri telah berpengalaman menjadi koki profesional di berbagai hotel dan restoran selama 23 tahun.

”Yang saya angkat adalah masakan Kanton. Uniknya masakan ini, bisa dikreasikan sekreatif mungkin dan dipadupadankan,” katanya.

Selain masakan khas dari daerah Kanton, restoran ini juga menampilkan menu khas Szechuan. Harga menu untuk hidangan mulai dari Rp 52.000. Sementara untuk koleksi teh mulai dari Rp 20.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com