Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengunjung Benteng Marlborough Meningkat

Kompas.com - 26/12/2011, 15:45 WIB

BENGKULU, KOMPAS.com - Jumlah wisatawan ke Benteng Marlborough Bengkulu meningkat hingga 700 orang per hari memasuki liburan Natal 2011 dan Tahun Baru 2012. "Biasanya, kalau normal atau hari biasa pengunjung cuma 500 orang per hari, tetapi menjelang Natal dan Tahun Baru 2012, lonjakan jumlah pengunjung mulai terasa," kata petugas jaga dari Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Emi, Senin (26/12/2011).

Emi menjelaskan pengunjung benteng terbesar di Asia Tenggara ini kebanyakan berasal dari provinsi tetangga seperti Jambi, Sumsel, Sumbar, dan Lampung.

Pada Tahun Baru 2012, Emi memprediksi pengunjung akan membeludak hingga 1.000 orang per hari sesuai pengalaman beberapa tahun sebelumnya. "Pada Tahun Baru, pengunjung mungkin meningkat menjadi 1.000 orang per hari dan bahkan bisa lebih karena orang banyak berkunjung sekaligus liburan," katanya.

Guna mengantisipasi ledakan pengunjung, petugas penjaga benteng Marlborough terlihat sibuk memperbaiki beberapa fasilitas benteng seperti jembatan yang mulai rusak.

Sementara itu, Mita, seorang pengunjung asal Palembang, mengaku sangat kagum dengan Benteng Marlborough yang cukup megah dan besar. "Saya telah lama ingin melihat benteng ini tapi baru liburan kali ini terwujud. Ini benteng yang luar biasa dan terbesar di Asia Tenggara sesuai dengan apa yang saya baca-baca di internet selama ini," katanya.

Lonjakan pelancong tidak saja terjadi di benteng, tapi di beberapa obyek wisata di Bengkulu seperti Pantai Panjang, rumah kediaman Bung Karno dan Fatmawati juga tidak luput dari sasaran para pelancong untuk mengisi liburan akhir tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com