Mentawai Didominasi Turis Berkantong Tebal

Kompas.com - 29/12/2011, 20:18 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com – Wisatawan asing (wisman) yang datang ke Pulau Mentawai, Sumatera Barat, merupakan wisatawan-wisatawan yang mengeluarkan banyak uang dan menginap dalam waktu yang lama.

“Mereka biasanya menginap minimal 10 hari dan menghabiskan 500 dollar AS per hari,” kata Ketua ASITA Pusat, Asnawi Bahar, di Jakarta, Kamis (29/12/2011).

Asnawi menuturkan saat ini di Pulau Mentawai memiliki sedikitnya 8 resor berbintang. Ada pula resor-resor kecil dan homestay yang dikelola oleh masyarakat lokal.

Dalam delapan bulan di tahun 2011, lanjutnya, Pulau Mentawai menerima 12 ribu wisman. Wisman berasal dari berbagai negara, terutama dari Eropa dan Amerika Serikat. Asnawi menuturkan, wisman yang datang ada dari Kanada, Inggris, Amerika Serikat, Australia, dan negara-negara lainnya.

“Wisman 12 ribu ini mengeluarkan uang sama besarnya dengan 200 ribu wisman dari ASEAN yang datang ke Indonesia,” kata Asnawi.

Perbandingan yang menarik tersebut menunjukkan besarnya potensi Pulau Mentawai dalam pariwisata. Hanya saja, kendala utama dari Pulau Mentawai adalah akses. Asnawi mengungkapkan sebaiknya di Pulau Mentawai didirikan bandara.

“Bandara jadi dalam tiga tahun, maka saya yakin turis yang datang jumlahnya 10 kali lipat. Mentawai itu seperti Bali zaman dulu, potensinya sangat besar,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.