Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Berlin Ingin Tahu Lebih Banyak tentang Indonesia

Kompas.com - 17/01/2012, 15:29 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Sebanyak 37 warga Berlin yang sebagian besar berusia lanjut yang tergabung dalam "Martin Luther King Gemeinde di Buckow" tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang Indonesia. "Kelompok Martin Luther King Gemeinde di Buckow Berlin di bawah Koordinator Klaus Potzin berkunjung ke KBRI Berlin, pekan silam," kata Sekretaris Tiga KBRI Berlin, Purno Widodo, kepada Antara London, Selasa (17/1/2012).

Mereka ingin mengetahui lebih banyak tentang berbagai hal terkait Indonesia seperti bentuk negara dan pemerintahannya, tatanan sosial kemasyarakatan, alam, budaya serta pariwisata.

Rombongan tersebut diterima Counsellor Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Berlin Ayodhia Kalake di Aula KBRI Berlin yang kemudian  juga menjelaskan hubungan Indonesia dan Jerman sejauh ini. Dalam bidang budaya dan pariwisata dijelaskan secara mendalam mengenai berbagai tujuan wisata Indonesia  dan keragaman budaya Indonesia melalui tayangan film pendek, brosur-brosur serta penjelasan secara langsung.

Kelompok tersebut juga diajak menyaksikan pertunjukan singkat gamelan Jawa yang dibawakan kelompok Lindu Laras KBRI Berlin yang saat itu tengah berlatih. Kelompok tersebut juga diberikan penjelasan secara khusus mengenai visa tinggal terbatas bagi lansia oleh Atase Imigrasi KBRI Berlin Lucky Agung Binorto. Hal ini dimaksudkan untuk semakin mempromosikan salah satu potensi wisata Indonesia dengan membidik lansia menjadikan Indonesia sebagai tempat tinggal terakhir mereka. Promosi ini berpeluang untuk menjaring devisa negara yang cukup tinggi.

Anggota masyarakat tersebut dengan antusias mengikuti paparan dan sangat menikmati pertunjukan gamelan yang dimainkan. Sebagian besar diantara mereka belum pernah ke Indonesia dan tidak banyak tahu tentang Indonesia menyatakan sangat tertarik dan ingin melihat Indonesia secara langsung.

Di akhir acara, kelompok tersebut disuguhi beberapa hidangan khas Indonesia dan dipersilahkan untuk mencoba berbagai instrumen musik tradisional Indonesia secara langsung dan bekeinginan untuk ikut belajar gamelan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com