Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sail Morotai Akan Rekonstruksi Sejarah PD II

Kompas.com - 26/01/2012, 17:48 WIB

TERNATE, KOMPAS.com - Agenda Sail Morotai yang digelar di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut) akan merekonstruksi sejarah Perang Dunia II. "Momentum Sail Morotai akan merekonstruksi sejarah Perang Dunia II karena Morotai merupakan salah satu daerah wisata sejarah terbaik," kata Gubernur Malut, Thaib Armaiyn di Ternate, Kamis (26/1/2012).

Selain itu, menurut Thaib, Morotai yang disebut sebagai 'Mutiara di Bibir Pasifik' akan memanfaatkan Sail Morotai sebagai momentum dalam mengaktualisasikan semangat gerbang Pasifik, dengan harapan agar ajang bertaraf internasional itu tidak sekadar sukses pelaksanaannya, tetapi juga sukses hasilnya.

Apalagi, kata gubernur, Keppres Nomor 4 tahun 2012 tertanggal 24 Januari 2012 mengenai panitia nasional penyelenggaraan Sail Morotai telah diterbitkan, sehingga proses persiapannya akan dimaksimalkan.

Gubernur Malut mengatakan, sebagaimana tema menuju era baru ekonomi regional pasifik akan lebih dikembangkan, terutama pembenahan sarana infrastruktur di Kabupaten Pulau Morotai, menyusul semakin dekatnya pelaksanaan Sail Morotai di bulan September 2012.

"Saya telah instruksikan kepada Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) di Pemprov Malut yang terkait pembenahan infrastruktur Morotai untuk segera menuntaskan berbagai kebutuhan terkait dengan pelaksanaan Sail Morotai nanti," ujarnya.

Untuk itu, Gubernur Malut mengimbau kepada masyarakat dan berbagai pihak terkait lainnya untuk tidak meragukan mengenai kepastian penyelenggaraan Sail Morotai di Kabupaten Pulau Morotai pada tahun ini.

Infrastruktur untuk mendukung penyelenggaraan Sail Morotai, kata Gubernur Malut, juga terus dikerjakan baik yang dananya dari pemerintah pusat maupun dari APBD Provinsi Malut dan APBD Kabupaten Pulau Morotai. "Khusus dari Pemprov Malut, pada APBD 2012 ini dialokasikan anggaran Rp 56 miliar untuk membangun berbagai infrastruktur terkait penyelenggaraan Sail Morotai," kata Thaib.

Dalam Perang Dunia II, Morotai dua kali mengalami pendudukan tentara asing. Pertama, oleh tentara Jepang di bawah pimpinan Jenderal Kawashima pada 1942 dan, kedua, oleh tentara Sekutu pada 1944 di bawah komando Jenderal Douglas McArthur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com