Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RI-Mesir Ingin Tingkatkan Hubungan Bilateral

Kompas.com - 27/01/2012, 13:44 WIB
Mustafa Abd. Rahman

Penulis

KAIRO, KOMPAS.com -- Duta Besar RI Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) untuk Mesir, Nurfaizi Suwandi, memulai aktivitasnya secara resmi di wilayah Republik Arab Mesir. Aktivitas Nurfaizi diawali dengan penyerahan salinan surat-surat kepercayaan kepada Menteri Luar Negeri Mesir, Mohamed Kamel Amr, Kamis (26/1/2012) di Kairo.

Wartawan Kompas di Kairo, Musthafa Abd Rahman, Jumat (27/1/2012) melaporkan bahwa Dubes RI itu menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan kerja sama secara saling menguntungkan antara Indonesia-Mesir. Menlu Mesir pun menyambut baik kedatangan Nurfaizi untuk berkerja sama meningkatkan hubungan bilateral Indonesia-Mesir.

Amr mengemukakan, hubungan Indonesia-Mesir telah melalui proses sejarah panjang dan telah menjalin kedekatan secara bathiniah. "Kami sangat mengetahui pengalaman berharga dan keberhasilan Indonesia dalam menjalankan reformasi," kata Amr.

Ia berjanji akan melihat peluang kerja sama ke depan yang dapat dikembangkan antara Indonesia-Mesir.

Mesir dikenal sebagai negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Indonesia dan Mesir membuka hubungan diplomatik secara resmi pada 10 Juni 1947 melalui penandatanganan Perjanjian Persahabatan (Treaty of Friendship and Cordiality).

Menurut situs KBRI Kairo, Indonesia selalu mencatat surplus perdagangan dalam beberapa tahun terakhir. Menutup 2010, ekspor Indonesia ke Mesir terus berlangsung dengan surplus yang cukup signifikan bagi Indonesia.

Berdasarkan data BPS, total perdagangan non-migas Indonesia dengan Mesir pada tahun 2010 tercatat 1,07 miliar dollar AS dan mengalami kenaikan sebesar 33,3 persen dibanding periode tahun 2009, yang nilainya mencapai 802,56 juta dollar AS.

Meski terjadi Revolusi di Mesir, volume perdagangan Indonesia-Mesir pada periode Januari-Juni 2011 tetap mengalami kenaikan sebanyak 49,51 persen dan mencapai  725,59 juta dollar AS.

Selain konteks hubungan bilateral, Nurfaizi juga mengucapkan selamat atas Revolusi 25 Januari yang sangat bersejarah. Dubes RI yang mantan perwira tinggi polisi itu juga menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan Mesir melaksanakan pemilu legislatif yang demokratis dengan aman dan lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com