Turis Eropa Berburu Matahari di Indonesia

Kompas.com - 14/02/2012, 18:46 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Liburan sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat Eropa. Sehingga, walau Eropa mengalami krisis ekonomi, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal Eropa ke Indonesia tetap mengalami pertumbuhan.

"Tapi kalau kita bagi Eropa, yang benar-benar krisis itu Yunani, Italia, Spanyol. Tapi masyarakatnya sudah terlanjur kaya, yang krisis pemerintahnya. Mereka saat berlibur mengurangi iya, tapi tidak bisa menghilangkan," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar di Gedung Sapta Pesona, Jakarta (14/2/2012).

Misalnya, lanjut Sapta, wisman yang berlibur jangka panjang menjadi pendek, atau tadinya berlibur di Indonesia selama dua minggu menjadi hanya satu minggu.

"Atau tadinya menginap di bintang 5 jadi menginap di bintang 4. Saya ke pameran di Eropa, demand-nya tetap tinggi ke Indonesia," kata Sapta.

Sapta menuturkan bagi masyarakat Eropa, liburan sudah menjadi bagian hidup. Mereka memiliki kebiasaan untuk merasakan panasnya matahari saat musim dingin. "Pengalaman di tahun 2008 saat krisis ekonomi global, pariwisata kita tetap naik," ujar Sapta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.