Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentawai Garap Wisata Lewat Ajang Selancar

Kompas.com - 16/02/2012, 12:08 WIB
Editorkadek

PADANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah merancang ajang selancar berskala internasional di perairan daerah tersebut. Ajang tersebut akan diselenggarakan tahun depan.

"Melalui event yang akan dilaksanakan nantinya, tentu akan semakin memperluas pasaran pariwisata bahari Mentawai, yang merupakan salah satu lokasi berselancar terbaik di dunia," ujar Gubernur Irwan Prayitno di Padang, Rabu (15/2/2012).

Ia mengungkapkan ombak laut Kepulauan Mentawai selama ini sudah menjadi sasaran wisatawan asing dari berbagai belahan negara. Sehingga, lanjutnya, persiapan berbagai sarana pendukungan terhadap ajang internasional tersebut harus dimulai dari sekarang, agar tak ada hambatan pada pelaksanaan nantinya.

Menurutnya, soal penginapan tak begitu menjadi kendala, karena akomodasi bisa di kapal pesiar yang memiliki sekitar 20-an kamar. Selain itu, terdapat resor di daerah tersebut.

Ia mengatakan Kepulauan Mentawai cukup serius dalam menggarap potensi wisata yang dimiliki, dibuktikan dengan pengalokasian anggaran senilai Rp11 miliar pada 2012. Menurut dia, pembangunan sektor pariwisata dapat bersentuhan langsung dengan perekonomian masyarakat, sehingga perlu digerakkan agar perkembangan berjalan secara baik.

"Kita mendorong daerah yang serius dalam mengembangkan potensi pariwisata untuk mendongkrak perekonomian masyarakat di wilayah tersebut,"

Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Mentawai Desti Saminora, saat dikonfirmasi secara terpisah menyebutkan Pemkab Mentawai sudah membersiapkan ajang berskala internasional tersebut. Ia mengungkapkan ombak laut yang ada di Mentawai ibaratkan "tambang emas" bagi daerah daratan Sumatera Barat.

Oleh karena itu, pengelolaan terus dimaksimalkan dan dapat berkontribusi terhadap pendapatan daerah. Ombak di Mentawai cukup terkenal bagi para peselancar kelas dunia, karena tingginya hampir enam meter yang cukup mengasyikkan bagi penikmat olahraga air itu.

Kepulauan Mentawai tak hanya memiliki potensi ombak yang penuh tantangan untuk peselancar, tetapi juga punya obyek wisata untuk menyelam. Selain itu, di Mentawai terdapat kawasan hutan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) yang masih terjaga dan menyimpan flora dan fauna.

"Belum tergarap secara maksimal selama ini, karena infrastruktur masih terbatas, seperti hotel untuk penginapan dan transportasi yang memadai," ujarnya.

Justru itu, secara bertahap dilakukan pembenahan dimulai dengan membangun perkampungan nelayan yang sadar wisata, sehingga ke depan rumah-rumah masyarakat dapat dijadikan sebagai tempat penginapan.

"Kita butuh dukungan pemerintah provinsi dan pusat serta pelaku pariwisata untuk percepatan pembenahan infrastruktur dan membangun kesadaran masyarakat," kata Desti.  

Selain Mentawai, pada 2012 sejumlah daerah di Sumatera Barat mengalokasi anggaran tergolong besar untuk sektor pariwisata. Salah satunya adalah Sawahlunto senilai 2 miliar Rupiah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+