Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Wisman ke Aceh Meningkat

Kompas.com - 02/04/2012, 18:06 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Kunjungan wisatawan mancanegara ke Provinsi Aceh pada pada Februari 2012 mengalami kenaikan sebesar 15 persen dibanding Januari. "Terus membaiknya kondisi keamanan di Aceh menjadi salah satu penyebab meningkatnya jumlah kunjungan tamu asing ke provinsi ini," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh, Syech Suhaimi, di Banda Aceh, Senin (2/4/2012).

Menurut Suhaimi, jumlah kunjungan tamu asing yang melancong ke Aceh yakni dari Januari sebanyak 1.035 orang menjadi 1.194 orang pada Februari 2012. "Artinya, jumlah pengunjung yang datang ke Aceh bertambah sebanyak 159 orang pada Februari 2012 dibanding bulan sebelumnya," katanya.

Suhaimi mengatakan, secara kumulatif jumlah wisman yang telah berkunjung ke Aceh dari Januari-Februari 2012 sebanyak 2.229 orang atau meningkat 59 persen dibanding periode sebelumnya.

Lebih rinci Suhaimi menyebutkan, tamu asal Malaysia masih mendominasi jumlah kunjungan ke Provinsi Aceh pada Februari 2012 yakni sebanyak 543 orang dari jumlah total kunjungan pada bulan tersebut. Posisi kedua ditempati negara Jerman sebanyak 90 orang dan disusul warga negara asal Republik Rakyat China (RRC) sebanyak 81 orang.

Suhaimi menjelaskan, jumlah pelancong yang datang ke provinsi ujung paling barat Indonesia itu pada Februari berdasarkan wilayah adalah negara-negara ASEAN mencapai 595 orang, Eropa 298 orang, Asia 119 orang, dan Amerika 112 orang.

Ia menambahkan, jumlah tamu asing akan terus meningkat untuk menikmati berbagai lokasi wisata yang ada di provinsi berpenduduk sekitar 4,6 juta jiwa itu jika kondisi keamanan di Aceh terus kondusif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com