Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/05/2012, 15:16 WIB

KOMPAS.com — Berlibur ke Yogyakarta dan mampir berbelanja di Malioboro sudah biasa. Namun, pernahkah Anda mencoba mengunjungi pusat-pusat pembuatan suvenir cantik khas Yogyakarta? Libur akhir pekan kali ini, Anda bisa menjadikan Desa Tembi, Bantul, sebagai salah satu alternatif baru untuk wisata Anda. Butuh ide untuk rencana weekend Anda? Ayo contek rencana liburan tim Weekend Yuk ke Yogyakarta.

JUMAT. Bagi Anda yang senang dengan suvenir berbahan dasar serat alami, Desa Tembi-lah surganya. Selain bisa memborong berbagai macam kerajinan, Anda juga boleh ikut membuat sendiri kerajinan yang hendak Anda bawa pulang. Puas berbelanja, waktunya makan siang dengan menu kuno khas Jawa yang resepnya terdapat di naskah kuno Serat Centhini. Malam harinya, Anda bisa ikut berlatih kesenian Bangbung dengan warga setempat.

SABTU. Bagi Anda yang memutuskan menginap di Tembi, jangan khawatir, Anda bisa menjadikan Bale Inap Tembi Rumah Budaya sebagai pilihan. Terletak di dalam Kompleks Tembi Rumah Budaya, Anda bisa belajar mengenal lebih dekat budaya masyarakat Jawa lewat Museum Madyosuro. Sore hari, manjakan diri Anda dengan musik campur sari dan tarian luwes bocah-bocah Desa Tembi.

MINGGU. Sebelum Anda pulang, mampirlah ke Goa Pindul di daerah Gunung Kidul. Anda akan menjumpai stalagmit dan stalaktit indah di dalam goa sepanjang 350 meter. Menyusuri keindahan goa dengan cara tubing menjadi pilihan yang tepat mengisi hari minggu Anda. Oya, jangan lupa penuhi tas Anda dengan cemilan asli Yogyakarta, bakpia patok.

Makin tertarik mencoba alternatif baru berakhir pekan di Yogyakarta? Saksikan program “Weekend Yuk” episode “Napak Tilas Jawa di Tembi” hanya di Kompas TV yang tayang pada Sabtu (5/5/2012) pukul 13.00 WIB. Anda juga bisa menontonnya di www.kompas.tv/live. Selamat menikmati akhir pekan Anda di Yogyakarta. Weekend Yuk! (Fitri Oktarini/ Citrakalam Misiani/Desi Aritonang)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com