Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sawah di Namang Jadi Obyek Wisata

Kompas.com - 01/06/2012, 16:53 WIB

KOBA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berencana mengembangkan persawahan di Kecamatan Namang untuk dijadikan daerah pariwisata.

"Persawahan tersebut berpotensi luar biasa untuk dijadikan daerah pariwisata karena berada di kaki bukit yang menghijau layaknya suasana desa yang tenang dan asri," ujar Kabid Pariwisata Seni dan Kebudayaan Dinas Pariwisata Kabupaten Bangka Tengah, Zaidi di Koba, Jumat (1/5/2012).

Ia menjelaskan, luas persawahan tersebut sekitar 50 hektar dan pengunjung bisa datang dengan menggunakan jalan darat sekitar  20 menit perjalanan dari Bandara Depati Amir Pangkalbaru, Bangka Tengah atau sekitar 25 menit dari Kota Koba.
 
Pemerintah sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dalam rencana pembangunan infratruktur penunjang sektor pariwisata tersebut. Kondisi saat ini di areal persawahan tersebut dijadikan tempat untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam persawahan bagi masyarakat di daerah itu.

"Sangat menarik dan memberikan suasana yang berbeda bagi para pengunjungnya karena keindahan alamnya," ujarnya.

Ia mengatakan, biasanya masyarakat yang menghabiskan waktu kesehariannya di wilayah perkotaan akan sangat merindukan suasana persawahan yang tenang dan asri. Jika dibandingkan dengan suasana persawahan di Tabanan, Bali, ia mengakui, memang sangat jauh karena belum ditata dan masih dalam rencana pengembangan.

"Kami akan terus berupaya mengembangkan daerah potensial di daerah tersebut termasuk pengembangan budaya dan sumber daya manusia sebagai penunjang pariwisata alamnya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com