Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ancol Luncurkan Lokasi MICE Terbaru

Kompas.com - 06/06/2012, 11:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pilihan lokasi meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE) di Jakarta bakal makin beragam. Pada pertengahan tahun ini, PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) akan meluncurkan lokasi MICE terbarunya di Multi Purpose Hall (MPH) Ecopark, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Direktur Utama PJAA Budi Karya Sumadi mengatakan, MPH Ecopark akan dioperasikan mulai 20 Juni nanti.

"Saat ini pembangunan sudah hampir selesai, tinggal finishing," ujar Budi, Senin (4/6/2012) LALU.

MPH Ecopark menempati lahan seluas kurang lebih 5.000 meter persegi (m2). Fasilitas MICE ini bisa menampung hingga 4.000 orang untuk satu kegiatan, atau bisa juga dibagi menjadi dua kegiatan untuk menampung masing-masing 2.000 orang. Pembangunannya sendiri menelan investasi antara Rp 80 miliar - Rp 100 miliar.

Menurut Budi, Jaya Ancol mendesain MPH Ecopark untuk dua jenis kegiatan, yaitu pameran dan pernikahan. Berada di dalam wahana Ecopark, MPH Ecopark berupa areal terbuka seluas total 33,6 hektare (ha) di dalam Ancol Taman Impian. Selain MPH Ecopark, saat ini Jaya Ancol sudah mengoperasikan tiga fasilitas MICE indoor di dalam Ancol Taman Impian, yaitu MPH Candi Bentar Putri Duyung, Mata Elang International Stadium (MEIS), dan Mercure Convention Centre.

"Kalau yang outdoor banyak sekali, hampir di setiap wahana ada," imbuh Budi.

Namun, lanjut dia, kontribusi segmen MICE terhadap pendapatan Jaya Ancol baru sebesar 10%. Tapi, setelah beroperasinya MPH Ecopark, Budi berharap porsi itu bertambah. Targetnya, dua tahun mendatang, pendapatan dari MICE bisa mencapai 20%.

Hingga sekarang, pendapatan terbesar Jaya Ancol masih berasal dari segmen rekreasi. Tahun lalu, kontribusinya sebesar 72% atau senilai Rp 676,05 miliar dari total pendapatan Rp 933 miliar. Segmen rekreasi juga masih bakal mendominasi pendapatan Jaya Ancol di tahun ini. Itulah sebabnya, Jaya Ancol pun fokus pada empat pengembangan di segmen ini, yaitu Ancol Ocean Ecopark, indoor entertainment, Ocean Dream Samudera, dan Kalila Adventure Dufan. (Adisti Dini Indreswari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com