Mau Datang ke Festival Danau Sentani? Ini Tipsnya...

Kompas.com - 01/07/2012, 08:20 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com – Festival Danau Sentani merupakan ajang tahunan yang berlangsung di Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Festival budaya ini menampilkan keragaman budaya suku Sentani, mulai dari atraksi adat, tarian, musik, dan kuliner.

Wisatawan juga diajak untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat Sentani di rumah mereka masing-masing. Dengan cara ini, wisatawan dapat belajar lebih dekat dengan budaya Sentani.

Pertama kali digelar di tahun 2008, hingga kini festival tersebut telah berhasil menyedot perhatian wisatawan mancanegara. Wisatawan domestik pun seiring waktu semakin bertambah, terutama orang Indonesia yang tinggal di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur.

Anda tertarik untuk berkunjung ke Festival Danau Sentani? Berikut tips merancang perjalanan ke Jayapura untuk mengikuti Festival Danau Sentani.

Nah, simpan laman ini jika Anda berencana mengunjungi Festival Danau Sentani. Tak ada salahnya mempersiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari.  

Tempat Pelaksanaan
Festival ini bertempat di Pantai Khalkote, tepian Danau sentani. Jaraknya sangat dekat dengan Bandara Sentani. Hanya sekitar 15 menit perjalanan darat dengan mobil.

Tepat di bibir danau, panggung didirikan, membelakangi danau. Sehingga bangku penonton menghadap ke arah Danau Sentani.

Waktu Pelaksanaan
Setiap tahunnya Festival Danau Sentani selalu berlangsung pada 19 Juni. Festival ini berlangsung selama hampir sepekan. Di tahun 2012, festival ini berlangsung pada tanggal 19-23 Juni 2012.

Tahun 2013, rencananya festival tetap dibuka di tanggal yang sama yaitu 19 Juni. Ada baiknya Anda datang sehari sebelumnya. Atau, jika Anda dari Indonesia bagian barat, Anda bisa naik pesawat malam dan sampai di Jayapura di pagi hari.

Misalnya, dari Jakarta bisa naik pesawat di jam 9 malam pada tanggal 18 Juni dan sampai di Jayapura sekitar jam 8 pagi di tanggal 19 Juni. Sesampai di bandara, Anda bisa langsung ke lokasi festival dan dilanjutkan tur ke kampung-kampung sekitaran Danau Sentani.

Bila Anda memilih alternatif tersebut, maka pertimbangkan kondisi tubuh Anda apakah cukup kuat menempuh waktu lama tanpa tidur yang nyenyak dan langsung mengikuti acara.

Jika tidak, maka sebaiknya Anda berangkat dari Jakarta di tanggal 17 Juni, sehingga Anda sampai di Jayapura di tanggal 18 Juni. Anda pun punya waktu sehari untuk beristirahat dan esoknya siap mengikuti jadwal Festival Danau Sentani yang padat.

Tiket Masuk
Tiket masuk biasanya dikenakan untuk parkir. Jadi jika Anda membawa mobil, Anda akan dikenakan ongkos parkir sebesar Rp 10.000. Bila Anda masuk ke area berjalan kaki, maka Anda tidak dikenakan tiket masuk.

Penginapan
Ada banyak penginapan yang tersebar di sekitaran Danau Sentani. Hanya saja baru ada satu hotel berbintang di Sentani yaitu Travellers Hotel. Harganya mulai dari Rp 900.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


    Rekomendasi untuk anda
    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X