Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Fashion Week Gelar Kompetisi Pencarian Model

Kompas.com - 03/07/2012, 09:07 WIB

KOMPAS.com - Jakarta Fashion Week 2013 (JFW 2013), yang menjadi barometer fashion dan bertujuan untuk mengangkat kekayaan kreativitas mode tanah air, akan kembali digelar pada 3-9 November 2012 mendatang. Sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, JFW 2013 akan diselenggarakan di Plaza Senayan, Jakarta Selatan.

"Tahun lalu dilakukan di Pacific Place, dan sekarang di Plaza Senayan karena tahun ini butuh space yang lebih luas," ungkap Baslir Djamal, Direktur Komersil Femina Group, saat jumpa pers di Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Senin (2/7/2012) lalu.

Kesuksesan sebuah pagelaran busana tak bisa lepas dari peranan berbagai pihak, mulai dari pemerintah, desainer, model, hairstylist, hingga make-up artist. Maka tahun ini JFW menggelar beberapa kompetisi untuk memberi kesempatan pada berbagai elemen tersebut terlibat sebagai pendukung event ini. Salah satunya adalah Model Search, yang digelar untuk mencari ratusan model yang akan berpartisipasi dalam JFW. Tahun ini, audisi Model Search akan digelar di Atrium Plaza Senayan.

Dari pemantauan Kompas Female, antusiasme para peserta audisi ternyata sangat besar. Audisi yang terbagi menjadi enam sesi ini diikuti sekitar 200 model perempuan dari dalam dan luar negeri. Mereka harus mengikuti seleksi dari juri yang terdiri atas Panca Makmun (koreografer catwalk), dan fashion editor Femina Group.

"Model memiliki peranan yang penting untuk fashion show. Kontribusi terpenting seorang model adalah memberikan jiwa pada busana yang dikenakannya. Event JFW memang memberi banyak keuntungan bagi model karena bisa menjadi ajang memperkenalkan diri kepada jaringan yang lebih luas," tukas Laura Muljadi, salah satu model senior.

Senada dengan Laura, model senior lain Renata Kusmanto mengungkapkan bahwa model merupakan unsur representasi suatu karya seni. Maka, merupakan kebanggaan tersendiri bagi seorang model ketika terpilih untuk mendukung industri mode Indonesia melalui JFW.

Kompetisi lainnya
Selain Model Search, beberapa kompetisi lain juga diadakan oleh JFW bekerjasama dengan The Body Shop, Mazda, L'Oreal Professional, dan Matahari Department Store. "Kompetisi yang menjadi bagian dari JFW ini berfungsi untuk menciptakan peluang yang lebih besar terhadap karya para desainer, dan juga para pekerja di belakang panggung agar semakin dikenal di pasar mancanegara," tukas Baslir.

JFW mengadakan kompetisi Make-up Artist Search (bekerjasama dengan The Body Shop Indonesia), Lomba Perancang Aksesori (Mazda Indonesia), Hairstylist Search (L'Oreal Professional), dan Fashion Blogger Styling (Matahari Department Store). "Ini merupakan apresiasi untuk para blogger yang menyampaikan berbagai berita fashion dari sisi yang berbeda," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com