Kompas.com - 22/07/2012, 22:01 WIB
|
EditorAti Kamil

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Jika Anda sedang berpuasa dan berada di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, ada tawaran hidangan khas untuk berbuka puasa. Kue jepa, namanya.

Kue khas suku Mandar itu menjadi pilihan untuk berbuka puasa bagi warga Polewali Mandar. Bahan dasarnya ubi kayu alias singkong parut yang dicampur dengan kelapa parut. Kue itu dimasak dalam wadah khusus di atas api dari arang.     

Rasa kue berbentuk bundar seukuran permukaan mangkuk bakso tersebut ada tiga macam, manis, asin, atau hambar. Rasa manis diperoleh dari gula aren yang dicampur ke bahan dasar tersebut, sedangkan rasa asin didapat dari garam. Sementara itu, jepa yang hambar biasa disajikan warga setempat dengan sayuran atau ikan bakar segar.

Di Pasar Sentral Pekkabata, Polewali Mandar, Minggu (22/7/2012), sejak pukul 14.00 Wita sudah terlihat calon pembeli jepa mengantre. Kalau datang terlambat, sangat mungkin Anda akan kehilangan kesempatan untuk merasakannya. Bohari, warga Polewali Mandar, menyukai jepa untuk berbuka puasa bersama keluarganya. "Harganya murah dan rasanya enak," ucapnya.

Lisa, yang sudah lama berjualan jepa di Pasar Sentral Pekkabata, mengaku hasil penjualannya dalam bulan Ramadhan bisa meningkat hingga tiga kali lipat per hari dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Umumnya, per hari dalam bulan Ramadhan, setiap pedagang, termasuk Lisa, menyediakan 200 keping jepa. Untuk memproduksinya, dibutuhkan 25-35 kilogram singkong parut. Jepa dijual dengan harga sesuai rasanya. Jepa manis Rp 1.000 untuk dua keping. Jepa asin Rp 1.000 untuk tiga keping.

Lisa tampak sumringah karena dibanjiri pembeli, Minggu (22/7/2012) siang. Dalam tiga jam saja, dagangannya habis dan ia bisa pulang ke rumahnya untuk menghidangkan menu berbuka puasa bersama keluarganya. "Saya senang. Meski bulan Ramadhan, jumlah pelanggannya lebih banyak dan pesanannya dua kali lipat daripada di hari biasa," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    Video Pilihan

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.