Kompas.com - 16/08/2012, 08:05 WIB
|
EditorEgidius Patnistik

India tak hanya punya film Bollywood. Walau film-film produk Bollywood sudah banyak dikenal, negara yang teletak di Asia Selatan ini juga punya bangunan berarsitektur muslim-India yang termasyhur yaitu Taj Mahal.

Terletak di Agra, Negara Bagian Uttar-Pradesh, Taj Mahal merupakan wujud cinta yang dalam dari seorang suami Shah Jahan atas istrinya Arjumand Banu Begum atau Mumtaz Mahal. Bangunan ini dibangun selama 22 tahun (1630 - 1653).

Bumbung, kubah dan menara terbuat dari marmer putih dengan seni mozaik yang indah. Sebanyak 43 jenis batu permata, termasuk berlian, jed, kristal, topaz dan nilam di gunakan untuk memperindah bangunan ini. Bagian dalam bangunan terdapat makam Mumtaz Mahal dan makam Shah Jahan yang letaknya bersebelahan.

Taj Mahal menggbungkan bentuk tradisi seni Persia dan seni Mughal awal. Inspirasi khusus datangnya dari Dinasti Timurid. Saat ini Taj Mahal merupakan salah satu situs Warisan Dunia yang ditetapkan UNESCO.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.