Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragunan, Tempat Wisata Favorit Warga Jakarta

Kompas.com - 16/08/2012, 16:50 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengisi libur Lebaran, sudah dipastikan tempat wisata akan dibanjiri oleh wisatawan, salah satu tempat yang menjadi favorit warga Jakarta ialah Taman Margasatwa Ragunan.

"Salah satu pilihan masyarakat datang ke Ragunan ini karena biaya masuknya yang murah dan sangat menjangkau untuk masyarakat luas," ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu dalam kunjungannya ke Taman Margasatwa Ragunan, Rabu (15/8/2012).

Kunjungan Menparekraf terkait persiapan obyek wisata tersebut menyambut libur Lebaran.

Pada kesempatan itu, Mari mengimbau bahwa obyek wisata yang ada haruslah berorientasi pada wisata keluarga, yang membuat masyarakat nyaman berada di dalamnya.

"Dari kecil pasti kita semua pernah diajak ke Ragunan, termasuk saya, karena tempatnya yang nyaman, berupa taman-taman dan bisa ngeliat hewan-hewan," lanjutnya.

Kerena itu, untuk menciptakan ruang nyaman bagi masyarakat, tambah Mari, pengelola obyek wisata haruslah mengingat Sapta Pesona yang meliputi kebersihan, keamanan, tertib, sejuk, indah, ramah, dan yang terpenting penuh kenangan.

Dengan hal-hal tersebut, akan menciptakan pengunjung tinggal lebih lama di tempat wisata. "Dengan tinggal lebih lama, sehingga mereka mengeluarkan biaya untuk makan, minum, beli souvenir, salah satu keuntungan juga buat obyek wisata," katanya.

Namun yang tak kalah penting bagi obyek wisata ialah tersedianya rambu-rambu sebagai penunjuk lokasi untuk memudahkan wisatawan yang berada di tempat wisata.

"Rambu yang berisi informasi, tata tertib, keamanan, pelayanan itu harus tersedia pada obyek wisata." ungkap Firmansyah Rahim, Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenparekraf.

Selain itu, menurut Rachmat Sutiono, Pembina Asosiasi Keluarga Indonesia, hal terpenting dalam menghadapi tingginya kunjungan wisatawan ialah terkait masalah keamanan.

"Keamanan lahan parkir maupun keamanan pengunjung di dalam tempat wisata menjadi hal yang harus diperhatikan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com