Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kehadiran Foke di Lokasi Kebakaran karena Empati pada Warganya

Kompas.com - 22/08/2012, 18:41 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Sukses Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli menjelaskan, kehadiran Fauzi Bowo ke lokasi-lokasi kebakaran adalah dalam kapasitasnya sebagai gubernur yang mengunjungi warganya yang tertimpa masalah. Kunjungan Gubernur DKI semata-mata bertujuan untuk menunjukkan empati dan perhatian pemerintah kepada warganya.

"Kehadiran Bapak Gubernur semata-mata untuk menunjukkan rasa empati dan simpatinya kepada warga. Sebagai kepala daerah sudah tugasnya untuk ikut prihatin bersama warganya yang menderita," kata Budi Siswanto, anggota Tim Pemenangan Foke-Nara, yang dihubungi Kompas.com di Jakarta, Rabu (22/8/2012).

Budi meminta, kehadiran Gubernur yang juga calon petahana dalam Pemilukada DKI Jakarta 2012 tidak perlu dipolitisasi ataupun dikait-kaitkan dengan kepentingan Pemilukada. Sebagai kepala daerah, sudah menjadi tugas gubernur untuk hadir di tengah-tengah warganya, terutama yang membutuhkan perhatian.

"Bapak Gubernur kan harus mengetahui data-data valid tentang korban, menginventarisir kerugian material atau misalnya mengetahui jumlah anak sekolah yang membutuhkan seragam, buku-buku pelajaran, dan lain-lain," urai Budi.

Oleh karena itu, ia berharap kehadiran gubernur di tengah warga tidak perlu dipermasalahkan hanya karena momen kunjungan menjelang pelaksanaan putaran kedua Pemilukada DKI. Ia menandaskan, sejak dulu Foke sudah gemar mengunjungi pemukiman warga. Bahkan, sejak menjabat Sekretaris Daerah dan Wakil Gubernur pada periode kepemimpinan Sutiyoso.

"Wilayah mana di Jakarta yang belum dikunjungi Bapak Gubernur? Semuanya, sampai ke pelosok-pelosok sudah dikunjungi. Dia orang yang paling tahu dan kenal wilayah-wilayah di Jakarta ini," tandas Budi.

Terkait masalah yang kemungkinan timbul sebagai dampak kebakaran, misalnya terbakarnya KTP yang memungkinkan hilangnya hak pilih, tim pemenangan Foke-Nara menyerahkan sepenuhnya kepada pihak KPU DKI Jakarta. Tim Foke-Nara juga tidak mempersoalkan kehadiran posko ormas maupun partai politik di lokasi kebakaran.

"Apapun tujuan mereka, kami tidak peduli. Yang pasti, Pak Gubernur hadir karena berempati kepada warganya," ujar Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com