Kompas.com - 27/08/2012, 08:53 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

SURABAYA, KOMPAS.com - Tradisi Lebaran Ketupat atau lebaran hari ke-tujuh dari Hari Raya Idul Fitri tidak sempurna jika tak ada ada menu soto bebek di meja makan. Resep menu soto bebek ini adalah tradisi turun temurun warga pulau garam, Madura.

Dalam konteks Lebaran Ketupat, maka menu soto bebek tidak disajikan dengan nasi, melainkan dengan ketupat, yakni sejenis lontong yang dibungkus daun kelapa dengan bungkus yang didesain khusus.

Soto bebek pun diracik dengan bumbu khusus dengan dominasi rasa asin khas masakan Madura, kuahnya yang kental dengan sedikit pedas menambah nikmatnya bebek Madura yang konon rasa dagingnya lebih gurih dari bebek Jawa.

Saripah, warga Desa Pangolangan Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan menuturkan, soto bebek adalah menu wajib saat Lebaran Ketupat, selain menu lainnya seperti Opor Ayam, Lontong Mie, dan beberapa makanan ringan seperti lepet, dan ketan manis. ''Soto Bebek juga nikmat jika dicampur daun pepaya, atau disantap dengan nasi ubi,'' kata ibu dua anak ini, Minggu (26/8/2012) sore.

Dia mengaku, resep soto bebek itu didapatkan dari neneknya, dia kini juga mulai memperkenalkan resep ini kepada anak pertamanya. ''Semua wanita di sini wajib bisa membuat soto bebek,'' tambahnya.

Selain berkunjung ke sanak famili, kebanyakan warga Madura memilih memanfaatkan momen hari ke-tujuh lebaran untuk berekreasi ke sejumlah tempat wisata bersama rekan dan keluarga. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.