Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari "Backpacker" sampai John Travolta Pun Pernah Menginap di NTB

Kompas.com - 07/09/2012, 12:35 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) tengah naik daun, baik di kalangan wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara. Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa pun bisa menampung turis dari kelas backpacker hingga turis kelas atas seperti selebriti dunia John Travolta.

"Akomodasinya beragam, dari penginapan dengan harga Rp 100.000-an sampai deluxe hotel seperti di Pulau Moyo, namanya Amanwana. Mereka menggunakan tenda yang dimodifikasi sehingga luks. Lady Diana dan John Travolta pernah menginap di sana," ungkap Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah NTB Awanadhi Aswinabawa saat ditemui di Jakarta, Kamis (6/9/2012).

Ia menuturkan, sampai pertengahan tahun 2012, Pulau Lombok dapat menyediakan hingga 700 kamar yang tersebar di hotel-hotel yang berada di Gili Trawangan, Senggigi, dan Mataram.

Sementara itu, kawasan Lombok Selatan, tepatnya di daerah Pantai Kuta yang rencananya akan dibuat kawasan resor terpadu Mandalika, akan bermunculan hotel-hotel berbintang baru.

"Ada lima operator hotel sudah masuk. Kalau hotel berbintang di dekat Pantai Kuta baru Novotel. Hotel kecil sudah banyak," kata Awanadhi.

Bahkan, tambah Awanadhi, di daerah Grupuk yang tenar sebagai lokasi berselancar sudah banyak hotel kecil untuk para peselancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com