Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Sepeda Kompas Disambut di Pelabuhan

Kompas.com - 22/09/2012, 19:07 WIB
Frans Sarong

Penulis

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Tim Jelajah Sepeda Kompas Bali - Komodo dijadwalkan tiba di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores, NTT, Minggu (23/9/2012) Begitu turun dari feri di pelabuhan, tim langsung disambut secara adat Manggarai yang disebut tuak curu.          

"Tim selanjutnya dipandu menyusuri sudut sudut Labuan Bajo melalui rute yang direncanakan," jelas Kepala Dinas Perhubungan dan Infokom Manggarai Barat, Dominikus Damsut di Labuan Bajo, Sabtu (22/9/2012) jelang malam.   

Menurut dia, tim rencananya akan menyusuri rute Pelabuhan - Pasar - Patung Komodo - Waemata. Berlanjut ke Perempatan Langka Kabe - Sarnaru - Lancang - Waebo - Kantor Bappeda. Lalu kembali ke Perempatan Langka Kabe - Kantor Bupati - Kantor DPRD hingga berakhir di rumah dinas Bupati.  

"Tim sepeda Kompas akan dipandu oleh Polantas bersama petugas dari Dinas Perhubungan setempat. Mereka sudah siap di pelabuhan sejak pukul 15.00 petang," tambahnya.          

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Manggarai Barat, Theodorus Suardi menjelaskan, penyambutan secara adat Manggarai akan dilakukan dua kali. Pertama saat tim tiba di pelabuhan dengan penyabutan yang disebut tuak curu. Penyambutan berikutnya saat tim tiba di rumah jabatan Bupati.          

Terakhir ini disebut manuk kapu, yakni berupa penyerahan seekor ayam jantang dari tetua tuan rumah kepada wakil tamu. Maknanya, menempatkan tim sebagai tamu istimewa hingga bentuk penyambutannya selayaknya "digendong" (kapu) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com