Kompas.com - 06/11/2012, 21:31 WIB
EditorI Made Asdhiana

MANADO, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Sulawesi Utara, Suprianda Ruru mengatakan, gencarnya promosi wisata di dalam dan luar negeri menjadi pintu masuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah ini.

"Karena itu kami sangat mendukung sepenuhnya pelaksaanaan Festival Danau Tondano di Kabupaten Minahasa yang sementara digelar. Ini adalah momentum yang tepat mempromosikan pariwisata di kabupaten ini dan Sulawesi Utara," kata Suprianda, di Manado, Selasa (6/11/2012).

Suprianda mengatakan di Sulawesi Utara termasuk Kabupaten Minahasa sebagai salah satu daerah destinasi wisata cukup kaya dengan obyek-obyek wisata, termasuk potensi alamnya.

Dia mencontohkan, obyek wisata Watu Pinabetengan di Desa Pinabetengan, Kecamatan Tompaso, atau air terjun Kali di Desa Kali, Kecamatan Pineleng serta waruga atau makam kuno yang tersebar di beberapa lokasi di Minahasa, serta indahnya pesisir pantai.

Menurut Suprianda, potensi wisata harus mendapatkan dukungan penuh dari beberapa pemangku kepentingan terkait di antaranya Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kesehatan bahkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Sebab, lanjut Suprianda, apabila memajukan pariwisata hanya bertumpu pada satu pemangku kepentingan seperti dinas pariwisata di tingkat provinsi atau kabupaten dan kota, pergerakan pertumbuhannya tidak berjalan pesat.

"Menyediakan sarana dan prasarana fisik jalan dan jembatan, itu bukan kewenangan dinas pariwisata. Begitu pun dengan sanitasi dan penyediaan cenderamata. Karena itu harus multi-stakeholder," ungkapnya.

Suprianda memaparkan, dalam waktu dekat ini jajaran Disparekraf Sulawesi Utara akan melakukan promosi wisata bahari sebagai ikon pariwisata daerah ini ke Amerika Serikat. "Promosi ke Moskwa atau Belanda itu merupakan pemancing agar semakin banyak orang mengenai seluk-beluk potensi wisata di Sulawesi Utara," ungkapnya.

Hanya saja, tambah Suprianda, promosi besar-besaran pariwisata Sulawesi Utara sampai ke luar negeri harus dibarengi dengan kesiapan dari berbagai sisi semua pemangku kepentingan dunia pariwisata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.