Kompas.com - 11/11/2012, 10:23 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com – Menjelajahi Bali dengan angkutan umum menjadi sebuah kendala tersendiri, pun begitu akses menuju Ubud yang berada di Kabupaten Gianyar. Sebagai bandara satu-satunya di Pulau Bali, Bandara Ngurah Rai menjadi pintuk masuk melalui jalur udara bagi wisatawan ke Ubud.

Seorang teman menceritakan kesulitannya untuk pergi ke Ubud tanpa menyewa mobil. Cara termudah dan ternyaman memang dengan menyewa mobil. Di Bandara Ngurah Rai sudah terdapat banyak konter yang menyediakan rental mobil lengkap dengan supir.

Beberapa mobil juga menyediakan jasa antar ke Ubud dengan biaya sekitar Rp 250.000. Beberapa hotel di Ubud menyediakan jasa antar jemput bandara-hotel-bandara. Jika hotel yang Anda inapi memiliki fasilitas tersebut, manfaatkan saja.

Pilihan lain adalah menyewa sepeda motor. Sepeda motor bisa disewa mulai dari harga Rp 45.000 per hari. Anda bisa membawa sendiri sepeda motor ke Ubud, tentu akan lebih hemat dengan boncengan dengan teman. Selain itu, bisa gantian membawa sepeda motor.

Jika melakukan perjalanan sendiri dari bandara menggunakan sepeda motor atau mobil sewaan, arahkan ke Jalan Bypass Ngurah Rai. Kemudian dari sini, ke arah Sanur dan sebelum Batubulan belok kanan ke Jalan Ida Bagus Mantre.

Setelah itu belok kiri dan arahkan perjalanan ke Pasar Seni Guwang. Dari sini, bertemu lampu merah belok kanan ke Pasar Seni Sukawati. Nah dari sini tinggal lurus sampai bertemu Desa Mas. Setelah itu arahkan perjalanan ke Jalan Monkey Forest.

Perjalanan darat dari Bandara Ngurah Rai yang berada di Kabupaten Badung ke Ubud di Kabupaten Gianyar memakan waktu sekitar dua jam tergantung kondisi lalu lintas.

Shuttle bus juga merupakan pilihan mudah untuk mencapai Ubud. Operator shuttle bus yang terkenal adalah Perama Tour. Anda bisa naik dari kantor Perama Tour di Jalan Legian Selatan, Kuta, dekat monumen Bom Bali.

Jadwal shuttle bus Kuta ke Ubud tersedia di jam 6 pagi, 10 pagi, 13.30, dan 16.30. Nantinya, shuttle bus akan berhenti di Jalan Hanoman, Ubud. Harga tiketnya adalah Rp 50.000 per orang. Namun, jika Anda membeli tiket return (pulang-pergi), maka harganya menjadi Rp 80.000 untuk pulang pergi.

Untuk kembali ke bandara, bisa naik shuttle bus dari Ubud ke Bandara. Tetapi, jadwal yang tersedia hanya di pukul 10.30 dan 16.00. Harga tiketnya pun sama yaitu Rp 50.000. Tidak ada rute dari Bandara langsung ke Ubud, sebab pihak operator tidak diperkenankan untuk menjemput penumpang langsung di Bandara.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.