Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2012, 20:22 WIB

KOMPAS.com - Melalui situs e-commerce, rupanya perempuan menemukan solusi belanja yang praktis, mudah, lengkap. Berbagai kebutuhan terpenuhi dari situs belanja online, utamanya produk fashion.

Perempuan, dengan mudah dan nyamannya, bisa belanja di mana dan kapan saja. Mulai kebutuhan personal,anak dan keluarga, rumah tangga, hingga gaya hidup seperti gadget dan lainnya.

Kepada Kompas Female, sejumlah situs e-commerce mengungkapkan, pelanggan mereka didominasi perempuan. Terutama situs e-commerce produk fashion seperti Berrybenka.com juga BelowCepek.com. Perempuan gemar belanja produk fashion untuk memenuhi kebutuhan penampilan harian dengan ragam gaya busana.

Riana Bismarak, CEO dan pendiri BelowCepek.com mengatakan perempuan hanya pakai satu baju 10 kali. Kebiasaan mengganti gaya busana inilah yang membuat perempuan gemar melihat-lihat dan berbelanja di toko online. Termasuk di BelowCepek.com, yang menjual busana perempuan dengan harga di bawah Rp 100.000 buatan lokal. Di toko online ini, perempuan rata-rata belanja Rp 200.000, dan meningkat jelang waktu gajian tiba menjadi Rp 400.000-Rp 500.000.

Dengan semakin banyaknya pilihan toko online, perempuan pun semakin leluasa berganti gaya busana. Apalagi dengan harga terjangkau, dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk tampil dengan gaya personal.

Kebutuhan inilah juga ditemukan perempuan di Berrybenka.com. Ragam koleksi produk fashion lokal, yang mengikuti tren namun menonjolkan gaya personal, tersedia. Harganya pun terjangkau, terutama untuk perempuan usia 25-35 para profesional muda yang menyukai street style casual berciri khas fashion forward.

Dengan harga bervariasi, tak lebih dari Rp 500.000 per itemnya, satu orang rata-rata membeli dua barang. Berrybenka.com juga mencatat, per tiga hari selalu ada pelanggan loyal yang membeli baju. "Per harinya mereka bertransaksi sekitar Rp 1-2 juta. Banyak yang sengaja membeli di atas Rp 500.000 untuk mendapatkan fasilitas gratis ongkos kirim," jelas Lily Suriani, Head Marketing Communication Berrybenka.com.

Dengan memiliki pelanggan loyal, Berrybenka.com mengirimkan 200-300 pesanan per harinya. Apalagi setiap harinya selalu ada koleksi baru yang ditampilkan, sekitar 30-40 item per hari terpajang di situs belanja ini. Hal ini menarik perhatian bagi perempuan yang selalu ingin tampil beda setiap harinya.

Dari dua situs e-commerce yang berusia satu tahun ini, didapati perempuan gemar membeli produk fashion berupa baju baik dress maupun atasan, dan sepatu.

Selain itu, produk fashion terutama atasan juga banyak dibeli di Zalora.com. Meski tak fokus hanya pada produk fashion, situs e-commerce dengan jaringan global ini mencatat, pelanggannya kerap belanja rata-rata Rp 300.000-Rp 400.000 untuk baju dan sepatu.

Sekitar 60-70 persen pelanggannya, lagi-lagi, adalah perempuan. Dengan lebih dari 500 brand lokal dan internasional, situs e-commerce yang berusia tujuh bulan ini berhasil menggaet jumlah pengunjung website 150.000 orang per harinya. Rata-rata order per hari sekitar 500-1000 (peningkatan order terjadi pada hari kerja). Dengan perempuan sebagai pembeli setia dan potensial.

Lain lagi dengan toko online, Lojai.com yang banyak mengandalkan kartu kredit dalam transaksinya. Meski produk fashion hanya mencapai 15 persen, toko online ini juga banyak menarik perhatian kaum perempuan.

Meski pembelian produk gadget dan motor mendominasi, masing-masing 40 persen dan 30 persen, setengah pengunjung Lojai.com adalah perempuan. Ragam program menarik menggunakan kartu kredit dari 11-14 bank, menjadi daya tarik toko online ini. Belum lagi program cicilan nol persen menggunakan kartu kredit dalam pembelanjaan ragam produk di Lojai.com. Berbagai fasilitas ini membuat Lojai.com memiliki pelanggan loyal sebenar 49,25 persen sementara pelanggan baru 50,75 persen.

Rata-rata transaksi belanja di toko online ini mencapai Rp 2,5 juta per basket. Setengah dari transaksi belanja online di Lojai.com menggunakan sistem pembayaran dengan kartu kredit.

Bagaimana dengan Anda, apakah belanja online memang bisa memenuhi berbagai kebutuhan perempuan? Apa pertimbangan Anda dalam memilih situs e-commerce sebagai tempat belanja?

Untuk menelusuri ragam pengalaman belanja online,  Anda bisa mengakses Easy Shop Easy Pay.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com