Kompas.com - 06/12/2012, 18:22 WIB
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata DKI Jakarta menggunakan momentum masuknya rendang dan nasi goreng sebagai juara dalam 50 Makanan Terenak di Dunia (World’s 50 Most Delicious Food ) versi CNN Travel dalam ajang promosi pariwisata yang tengah berlangsung di Los Angeles, Amerika Serikat.

“Keduanya kan juga makanan favorit Barack Obama yang baru saja terpilih kembali jadi Presiden AS. Ini peluang bagi kita untuk menjadikan kuliner ini sebagai alat promosi kepada wisatawan AS agar lebih banyak lagi tertarik datang ke Indonesia, khususnya Jakarta,” kata Kabid Promosi Dinas Pariwisata DKI, Cucu A. Kurnia dalam siaran pers, Kamis (6/12/2012).

Menurut Cucu, Dinas Pariwisata DKI Jakarta bersama sejumlah stake holder tengah melakukan kegiatan promosi. Selain memamerkan kuliner juga digelar berbagai kegiatan seni dan budaya. Kegiatan promosi ini diselenggarakan di dua tempat, Backyard Garden W Los Angeles–Westwood Hotel dan di Central Court, Hollywood & Highland.

Menurut Cucu, terpilihnya Jakarta sebagai Kota Tujuan Wisata yang Menanjak Tahun 2012 atau 2012 Travellers’ Choice Destinations on the Rise dari lembaga bergengsi TripAdvisor juga dimanfaatkan untuk menarik wisatawan ke Jakarta. “Penghargaan dari TripAdvisor dan CNN Travel momentum mempromosikan daya tarik Jakata ke berbagai kota,” katanya.

Seperti diketahui, secara berkala TripAdvisor mengumumkan kota-kota yang terpilih sebagai tempat tujuan wisata yang meningkat di mata wisatawan. Pada 2012, Jakarta terpilih sebagai kota yang paling menanjak di Asia, mengalahkan berbagai kota tujuan wisata Asia lainnya yang selama ini sudah terkenal, seperti Chiangmai di Thailand, Manila di Filipina, Kobe di Jepang atau Bangalore di India. “Ini menunjukkan bahwa daya tarik Jakarta semakin berkembang,” kata Cucu.

Di sisi lain, menurut Cucu, masuknya 3 makanan eksotis dan favorit di Indonesia yaitu rendang, nasi goreng dan sate dalam World’s 50 Most Delicious Food memberikan peluang bagi Jakarta untuk menjadikannya sebagai ajang promosi. “Ini terbukti, dalam kegiatan promosi yang tengah berlangsung di L.A, Amerika Serikat, rendang, nasi goreng dan sate menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Mereka memuji rasa masakan kita ini,” kata Cucu.

Menurut CNN Travel, dari 50 makanan yang terpilih masuk World’s 50 Most Delicious Food, rendang dan nasi goreng berada dalam peringkat 1 dan 2, sedangkan sate di posisi 14. Rendang dan nasi goreng menggalahkan makanan terkenal Asia seperti sushi dan ramen dari Jepang; tom yam, pad thai, som tam dari Thailand; dim sum dari Hong Kong; dan peking duck dari China.

Prospek Wisman

Menurut Cucu, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Jakarta terus meningkat. Hal ini terihat dari angka jumlah kunjungan yang meningkat dari tahun ke tahun. Sampai periode Januari-Oktober 2012, jumlah kedatangan wisman ke Jakarta mencapai sekitar 1,75 juta orang. "Ini membuat tingkat hunian kamar hotel di Jakarta terus meningkat, mencapai 60,37 persen pada Oktober lalu atau lebih tinggi 4,18 persen dibandingkan bulan sebelumnya yakni 56,19 persen," katanya.

Berdasarkan kewarganegaraan, warga negara Amerika Serikat masuk dalam 10 terbesar yang berwisata ke Jakarta. “Mengingat potensi, secara rutin kita melakukan promosi ke Negeri Paman Sam ini. Apalagi di AS terdapat beberapa kota yang telah menjalin hubungan sebagai sister city dengan Jakarta dalam bidang budaya, yaitu Los Angeles," kata Cucu.

“Dalam kegiatan promosi kali ini, kita juga berusaha memikat warga AS dengan memberikan informasi pengalaman-pengalaman dan pandangan positif Presiden Barack Obama sewaktu kecil di Jakarta,” sambung Cucu.

Dalam pentas seni dan budaya lokal ibukota yang di beri nama Enjoy Jakarta Festival, dimeriahkan oleh para seniman ternama. “Para penari dari Deny Malik Entertainment, musisi harpa Maya Hasan berkolaborasi dengan permainan kecapi dan suling dari musisi tradisional Betawi. Serta disajikan juga hidangan nusantara dari juru masak profesional, Vindy Lee dari Jakarta,” tambah Cucu. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.