Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DIY Akan Tambah 66 Hotel Baru

Kompas.com - 07/01/2013, 09:34 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah hotel di Daerah Istimewa Yogyakarta akan bertambah sebanyak 66 hotel pada tahun 2013. "Pada tahun ini jumlahnya (hotel) akan ditambah sebanyak 66 hotel yang terdiri atas  22 hotel bintang dan 44 non bintang (melati)," kata Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Deddy Pranowo Eryono, di Yogyakarta, Senin (7/1/2013).

Dia mengatakan dengan penambahan sebanyak 66 hotel tersebut, jumlah persediaan kamar hotel akan bertambah 10.000 kamar.

Sehingga, lanjut Deddy, ditambah dengan yang sudah ada, secara keseluruhan akan tersedia 28.000 kamar hotel di DIY pada tahun ini. Sampai tahun 2012, jumlah hotel di DIY sebanyak 384 yang terdiri atas 42 hotel bintang dan 342 hotel non bintang.

Menurut Deddy penambahan tersebut dipicu karena hingga saat ini DIY masih sangat menarik untuk acara-acara pertemuan berskala nasional maupun internasional. "Yogyakarta masih sangat menarik dan potensial untuk obyek bisnis yang terfokus pada meeting, incentive, convention dan exhibition (MICE)," katanya.

"Dengan penambahan hotel bisa dipastikan okupansi meningkat asalkan tiap-tiap hotel yang baru juga mampu memberikan promosi yang lebih menarik," lanjutnya.

Deddy mengatakan untuk pertumbuhan okupansi hotel juga sangat terpengaruh dengan perkembangan agenda budaya di tiap-tiap obyek wisata yang disediakan.

"Berkembangnya agenda budaya di setiap obyek wisata di DIY terkait dengan bertambahnya pengunjung atau wisatawan yang datang sehingga secara langsung atau tidak akan mempengaruhi jumlah okupansi hotel," katanya.

Deddy berharap dengan pertumbuhan jumlah hotel tersebut juga dapat diimbangi dengan pertumbuhan infrastruktur yang memadai oleh pemerintah setempat. "Infrastruktur juga harus didukung misalnya dengan menambah kantung-kantung parkir bagi bus-bus pariwisata," katanya.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com