Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Korsel ke Indonesia Masih Sedikit

Kompas.com - 05/02/2013, 18:34 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Wisatawan asal Korea Selatan yang melakukan perjalanan luar negeri mencapai 12 juta. Namun, hanya 300 ribu di antaranya yang melancong ke Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan General Chairman Indonesia-Korea Friendship Association (IKFA), Nick T Dammen saat jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (5/12/2013). Dammen sebelumnya bertugas di Korea Selatan sebagai Duta Besar Indonesia.

"Di bidang pariwisata, kita agak concern. Mudah-mudahan IKFA bisa lebih banyak menjual, agar turis Korea Selatan lebih banyak ke Indonesia," ungkapnya.

Padahal, warga negara Korea Selatan di Indonesia mencapai 70 ribu orang. Menurut Dammen, jumlah warga Korea Selatan di Indonesia bahkan lebih daripada masyarakat Jepang yang ada di Indonesia.

"Pelajar Korea Selatan di Indonesia lebih banyak daripada mahasiswa Indonesia di Korea Selatan. Bahasa Indonesia lebih mudah dipelajari mereka. Mereka juga lihat peluang kalau selesai kuliah, langsung diambil perusahaan Korea di Indonesia," jelas Dammen.

Dammen menambahkan di Indonesia terdapat lebih dari 2.000 perusahaan milik Korea Selatan. Sebut saja perusahaan mobil, elektronik, restoran, karaoke, bahkan sampai salon.

Menurut Dammen, banyaknya orang Korea Selatan di Indonesia juga bisa menjadi potensi menjaring wisatawan asal negara tersebut. Ia mengungkapkan Korea Selatan memiliki budaya kekeluargaan.

"Mereka sangat akrab dan dekat. Kalau wisata, dia lihat ada temannya nggak di sana. Jadi banyak yang ke Jakarta juga, karena punya kenalan di Jakarta," tuturnya.

Sementara itu, Jhonny Sugiarto, seorang pengusaha di bidang pariwisata, menyebutkan bahwa wisatawan Korea Selatan ke Indonesia adalah pasangan yang datang dalam rangka bulan madu.

"Tapi fokusnya masih di Pulau Bali dan Pulau Lombok. Padahal Indonesia banyak punya spot pulau-pulau untuk honeymoon, sayang belum dikembangkan," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com