Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Legu Gam Akan Dihadiri Sejumlah Dubes

Kompas.com - 22/02/2013, 12:26 WIB

TERNATE, KOMPAS.com - Festival Legu Gam di Ternate, Maluku Utara (Malut) yang akan digelar Kesultnan Ternate bekerja sama dengan Pemprov Malut dan Pemkot Ternate di Ternate tanggal 1-14 April 2013, direncanakan dihadiri sejumlah Duta Besar (Dubes) dari negara sahabat.

"Saya belum mengetahui secara pasti Dubes negara sahabat yang akan hadir pada Festival Legu Gam tersebut, tapi dari pihak Kesultanan Ternate sudah menyampaikan mengenai adanya Dubes yang akan hadir pada festival itu," kata Kabag Humas dan Protokoler Pemkot Ternate, Thamrin Marsaoli di Ternate, Jumat (22/2/2013).

Festival Legu Gam yang telah masuk dalam agenda tetap Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merupakan ritual pesta adat yang dilaksanakan Kesultanan Ternate untuk memeriahkan ulan tahun Sultan Ternate, Mudhafar Sjah.

Thamrin mengatakan, selain Dubes negara sahabat, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu dan tokoh nasional serta budayawan dan Sultan dari berbagai daerah di Indonesia, juga dipastikan hadir pada festival yang dipusatkan di kawasan Kedaton Sultan Ternate itu.

Wisatawan dari dalam dan luar negeri dipastikan pula akan menghadiri festival yang digelar secara rutin sejak belasan tahun silam itu, karena Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah membantu mempromosikannya, baik di dalam maupun luar negeri.

Menurut Thamrin, kegiatan yang akan disuguhkan pada festival tersebut, di antaranya ritual adat, perayaan ulang tahun Sultan Ternate, penampilan atraksi budaya dan kesenian tradisional dari Kesultanan Ternate dan kesultanan lainnya di Malut serta berbagai lomba di bidang kebaharian.

Festival tersebut juga akan dimeriahkan dengan Expo Malut untuk mempromosikan potensi pariwisata dan sumber daya alam Malut, yang akan melibatkan seluruh pemkab/pemkot di Malut serta berbagai perusahan yang beroperasi di daerah ini.

"Panitia Festival Legu Gam juga memberi kesempatan kepada para pedagang kecil dan masyarakat setempat untuk menjajakan berbagai produk di sekitar lokasi penyelenggaraan festival, seperti berjualan kerajinan dan kuliner tradisional untuk memberi kesempatan kepada mereka meningkatkan pendapatan," katanya.

Kesiapan infrastruktur di Ternate, seperti hotel untuk para tamu dan wisatawan yang akan hadir pada festival tersebut tidak ada masalah, karena di Ternate tersedia banyak hotel mulai dari kelas melati sampai hotel bintang empat dengan kapasitas keseluruhannya mencapai lebih dari 1.000 kamar.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com