Kompas.com - 24/02/2013, 21:48 WIB
Editorkadek

SUASANA Imlek tidak seketika berakhir setelah tanggal 10 Februari. Perayaan Tahun Baru China yang jatuh di hari Minggu membuat beberapa dari kita tidak sempat seru-seruan dengan keluarga atau teman di tempat yang berkesan.

Padahal momen Imlek adalah sebuah peristiwa budaya yang kemeriahannya memberikan warna tersendiri, bahkan bagi Anda yang tidak merayakan. Setelah Imlek, masih ada perayaan Cap Go Meh yang jatuh pada hari ini, Minggu (24/2/2013).

Tahukah Anda bahwa Indonesia menyimpan destinasi-destinasi bernuansa oriental yang unik? Dahulu, tradisi Indonesia berasimilasi dengan pengaruh China yang dibawa oleh pendatang sehingga menghasilkan budaya unik Tionghoa khas nusantara.

Ingin terpesona dengan budaya peranakan China? Sebuah online travel expert bernama Valadoo.com menyediakan paket-paket liburan bernuansa oriental khusus untuk Anda.

“Indonesia adalah tempat dimana tradisi pribumi berasimilasi dengan budaya pendatang. Salah satu asimilasi tersebut kemudian menciptakan wajah baru masyarakat Tionghoa khas nusantara. Keunikan ini menjadikan wisata budaya etnis China di Indonesia sangat layak untuk dijelajahi bersama Valadoo," kata Co-Founder & Chief Executive Officer of Valadoo.com, Jaka Wiradisuria.

Anda bisa simak ide-ide destinasi yang kental dengan budaya China. Tidak perlu datang langsung ke China, karena di Indonesia pun Anda dapat merasakan “Local Chinese Experience”.

Pulau Bangka

Penjelajahan oriental kali ini dimulai dari Pulau Bangka. Di sini, kebudayaan China yang sangat mengakar dapat dilihat dari arsitektur bangunan serta tradisi-tradisi yang dipraktikkan oleh masyarakat setempat.

Di Desa Gedong, Anda dapat melihat rumah-rumah yang sudah berusia sangat tua dan pelatarannya dihiasi altar tempat pemujaan. Desa ini juga terkenal dengan kerupuk kemplang buatan tangan yang renyah.

Di Bangka, terdapat Museum Timah untuk napak tilas industri pertambangan timah di pulau ini. Jangan lupa berkunjung ke ikon Bangka Belitung yaitu Jembatan Baturusa, klenteng China Kuno dan Regency Complex Sungailiat.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.