Kompas.com - 25/02/2013, 09:36 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com – Wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia setiap tahunnya berkembang lima sampai enam persen. Pada tahun 2012 pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara tersebut mencapai enam persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Oleh karena itu, di tengah berjamurnya hotel-hotel bisnis yang berdiri di Indonesia, sebuah jaringan hotel nasional baru yaitu Parador Hotels & Resorts tetap berencana menghadirkan hotel-hotel semacam resor yang lebih untuk kebutuhan pelesir.

“Yang luar biasa domestik traveler. Ini ditunjang peningkatan kelas menengah ke atas. Hal ini mendorong orang mulai traveling. Yang tadinya orang Jakarta hanya liburan di Jakarta saja, mulai traveling ke mana-mana,” tutur Vice President Parador Hotels & Resorts, Ricky Theodores kepada Kompas.com.

Menurutnya, jumlah pelancong domestik dalam tiga tahun terakhir terutama dari daerah seperti Tangerang, Jakarta, Bandung, tengah berkembang pesat. Karena melihat kecenderungan tersebut, pihak Parador Hotels & Resorts mengembangkan hotel resor.

Salah satunya adalah Paramount Island. Seperti dituturkan Ricky, salah satu pulau kosong di dekat Pulau Umang, Banten, telah diakuisi oleh Parador Hotels & Resorts.

“Namanya Pulau Oar, itu pulau kosong. Kami jadikan Paramount Island. Luasnya total 14 hektar dan seluruh pulau akan dijadikan kawasan resor,” ungkap Ricky.

Sementara resor lainnya yaitu Grand Atria Resort Lombok berada di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Kedua resor ini rencananya akan dibuka pada tahun 2015.

“Total kita punya misi dalam waktu 12 tahun, berarti dari tahun 2012 sampai 2024, kami akan mengelola 99 hotel. Jangka pendek dalam waktu tiga tahun harus punya 24 hotel awal,” ujar Ricky.

Selain resor dalam merek Grand Atria yang berbintang lima, Parador Hotels & Resorts juga memiliki merek lainnya yaitu Atria untuk hotel bintang empat, Atria Inn untuk hotel bintang tiga, dan famehotel untuk hotel bujet atau hotel bintang dua.

Ia menuturkan pihaknya tetap mengincar kota-kota besar. Sebagian besar di Jawa, sebut saja seperti kawasan Serpong, Tangerang, Bekasi, Bandung, Magelang, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang. Selain Pulau Jawa, ekspansi akan ke Medan, Makassar, dan Bali.

Saat ini, telah dibuka Atria Hotel & Conference Paramount Serpong, Atria Hotel & Conference Magelang, Atria Residences Paramount Serpong, dan Famehotel Paramount Serpong. Sementara itu, di tahun 2013 akan dibuka Atria Hotel & Conference Serang, Atria Hotel & Conference Malang, Atria Inn Paramount Serpong, dan Famehotel Tangerang.

Sedangkan pada tahun 2014 dijadwalkan akan dibuka Atria Hotel & Conference Slipi, Atria Inn Jakarta-Slipi, Atria Inn Jakarta-Kuningan, Atria Inn Surabaya, Atria Inn Yogyakarta, dan Famehotel BSD. Untuk tetap bisa bersaing di pasar bisnis hotel, semua hotel Parador Hotels & Resorts dilengkapi fasilitas MICE, mulai dari resor sampai hotel bujet.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.