Kompas.com - 04/04/2013, 20:07 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com — Akses menuju Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur akan semakin mudah. Rencananya, sebuah bandara akan dibuka di Pulau Maratua yang berada di Kepulauan Derawan.

"Selama ini akses ke Derawan agak susah. Dari Balikpapan harus ke Berau naik pesawat. Dari Berau naik boat ke Derawan," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu saat jumpa pers di Jakarta, Kamis (4/4/2013).

Ia menambahkan, saat ini Bandara Berau pun telah diperluas dan landasannya diperpanjang. Dengan demikian, lanjutnya, bisa melalui akses penerbangan langsung menuju Berau tanpa perlu lewat Balikpapan.

"Nantinya jadi bisa juga langsung ke Maratua, langsung ke lokasi Derawan," tambahnya.

Sementara itu, Dirjen Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf Esthy Reko Astuti menuturkan, Bandara Maratua belum beroperasi karena masih menunggu izin operasional dari Kementerian Perhubungan serta pengurusan soal keimigrasian dari Kementerian Hukum dan HAM.

"Dengan bandara ini diharapkan targetnya wisman dari Malaysia karena jadinya bisa direct (langsung) dari Malaysia ke Berau. Bandaranya memang kecil," tuturnya.

Pulau Maratua merupakan pulau kecil yang berada di kawasan Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Derawan mulai terkenal sebagai destinasi wisata bahari, terutama untuk menyelam, baik oleh wisman maupun wisatawan nusantara (wisnus).

"Ada beberapa program destinasi yang penting. Salah satunya adalah Sail Komodo dan Derawan di ujung tahun. Mudah-mudahan ini bisa meningkatkan kunjungan wisnus dan wisman. Derawan sendiri masuk dalam 16 destinasi prioritas kami," kata Mari.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.